Nigeria salah satu Negara dengan Populasi Tunawisma Tertinggi/ Bloomberg
Travel

10 Negara dengan Populasi Tunawisma Terbanyak, Ada Indonesia?

Mutiara Nabila
Kamis, 1 Februari 2024 - 09:15
Bagikan

5. Republik Demokrasi Kongo

Populasi Tunawisma pada 2024: 5.332.000

Kongo juga menghadapi krisis tunawisma, dengan lebih dari 5,3 juta orang saat ini menjadi pengungsi. Alasan utama tunawisma di Kongo adalah bencana alam, kurangnya sumber daya, dan konflik etnis antar kelompok militer.  

Sebagian besar populasi tunawisma di Republik Demokratik Kongo adalah pengungsi. Organisasi seperti UNICEF, USAID, dan Amnesty International membantu dan memberikan bantuan kepada para tunawisma di negara tersebut.

4. Suriah

Populasi Tunawisma pada 2024: 6.568.000

Suriah adalah negara yang menghadapi salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia, mempunyai populasi tuna wisma sebanyak lebih dari 6,5 juta orang.  

Alasan utama terjadinya krisis tunawisma di Suriah adalah konflik politik dan perekonomian yang tidak stabil. Negara ini juga mempunyai tingkat kemiskinan dan pengangguran yang tinggi, dan 90% penduduknya hidup dalam kemiskinan dan bergantung pada bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup.  

Organisasi nirlaba seperti Action for Humanity berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat rentan di negara ini, termasuk para pengungsi dan tunawisma. Action for Humanity telah membangun sebuah kota untuk pengungsi Suriah, yang menampung sekitar 500 keluarga.

3. Mesir

Populasi Tunawisma pada 2024: 12.000.000

Mesir mempunyai 12 juta tunawisma, terutama akibat bencana perkotaan yang menyebabkan banyak orang mengungsi.  

Sebagian besar tunawisma di Mesir tinggal di gubuk yang dibangun sendiri, sementara yang lain tinggal di jalanan.  LSM seperti Hope Village Society dan Plan International Egypt bekerja untuk mendukung anak-anak tunawisma.  

Kementerian Kesehatan dan Kependudukan juga sedang menyelidiki krisis tunawisma di Mesir untuk memberikan suaka dan pengobatan kepada orang-orang yang mengalami tunawisma.

2. Pakistan

Populasi Tunawisma pada 2024: 20.000.000

Pakistan memiliki 20 juta tunawisma yang tinggal di sana, termasuk anak-anak dan orang tua. Jumlah tunawisma di Pakistan meningkat akibat inflasi, pengungsian, dan kemiskinan.  

Bencana banjir tahunan di negara ini semakin memperburuk krisis ini, menghancurkan infrastruktur dan menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal. Sekitar 40 persen penduduk Pakistan tidak memiliki rumah untuk ditinggali, dan sebagian besar dari mereka mencari perlindungan di daerah kumuh.  

Meskipun pemerintah Pakistan telah meluncurkan inisiatif hunian, proyek tersebut telah dihentikan sejak pandemi terjadi.

1. Nigeria

Populasi Tunawisma pada 2024: 24.400.000

Negara yang menduduki peringkat teratas adalah Nigeria, negara dengan epidemi tunawisma terburuk, dengan 24 juta orang saat ini menjadi tuna wisma.  

Negara ini memiliki tingkat kemiskinan sebesar 63%, dan biaya hidup terus meningkat. Tingkat kepemilikan rumah di Nigeria menurun sebesar 5% pada 2023. 

Organisasi seperti Sheltered Hope Initiative fokus pada pengurangan tunawisma di Nigeria.

Lantas adakah Indonesia dalam daftar? 

Ya, Indonesia menduduki peringkat ke-11 negara dengan jumlah tunawisma terbanyak di dunia dengan populasi tunawisma pada 2024 diperkirakan sekitar 3.000.000 orang. 

Penyebab utama tingginya jumlah tunawisma di Indonesia adalah urbanisasi dan Covid-19. Pemerintah Indonesia belum berbuat banyak untuk membantu permasalahan ini, namun malah lebih banyak melarang permukiman kumuh.  

Kelangkaan lahan juga membuat masyarakat semakin sulit mendapatkan tempat tinggal. Organisasi seperti Habitat for Humanity telah memberikan dukungan dan membantu 40.000 keluarga di negara ini mendapatkan akses terhadap perumahan yang aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro