Raja Charles III./ Bloomberg
Entertainment

Tak Hanya Raja Charles III, Ini Keluarga Kerajaan yang Punya Riwayat Kanker

Mutiara Nabila
Rabu, 7 Februari 2024 - 11:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kerajaan Inggris baru-baru ini mengumumkan bahwa Raja Charles III menderita kanker. Pengumuman ini berbeda dari sebelumnya di mana kondisi kesehatan keluarga kerajaan umumnya dirahasiakan. 

Raja Charles disebut terdiagnosa mengidap kanker, namun belum jelas kanker apa yang dialami. Hal ini membuat Raja Inggris tersebut harus cuti dari tugas-tugas negara selama beberapa waktu. 

Mengutip Sky News, keputusan Charles untuk mengumumkan penyakitnya adalah agar warga Inggris dan seluruh dunia tidak berspekulasi, dan untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya kanker.

Ternyata, riwayat kanker juga bukan hal baru di keluarga kerajaan. Berikut ini adalah sederet keluarga kerajaan yang pernah mengidap kanker. 

1. Sarah Ferguson, Duchess of York

Baru-baru ini, Sarah Ferguson, Duchess of York, mengumumkan pada 21 Januari bahwa dia didiagnosis menderita kanker kulit hanya sebulan setelah menerima perawatan kanker payudara.

"Saya meluangkan waktu untuk diri saya sendiri karena saya didiagnosis menderita melanoma maligna, suatu bentuk kanker kulit, diagnosis kanker kedua saya dalam setahun setelah saya didiagnosis menderita kanker payudara musim panas ini dan menjalani mastektomi dan operasi rekonstruktif," tulis Ferguson dalam sebuah postingan di Instagram.

2. Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II berjuang melawan myeloma, kanker sumsum tulang yang menyakitkan, di tahun-tahun terakhir hidupnya, menurut "Elizabeth: An Intimate Portrait," sebuah biografi yang ditulis oleh Gyles Brandreth.

"Saya pernah mendengar bahwa Ratu mengidap penyakit myeloma, kanker sumsum tulang, yang membuatnya mengalami kelelahan dan penurunan berat badan serta 'masalah mobilitas' yang sering kami alami selama sekitar setahun terakhir hidupnya," tulis Brandreth dalam buku tersebut.

Hilary Fordwich, pakar kerajaan yang berbasis di Maryland, mencatat bahwa Ratu Elizabeth suka menunggang kuda dan melakukannya hingga usia 93 tahun.

“Karena kanker sumsum tulang yang dideritanya, dia mulai mengalami masalah mobilitas, yang membatasi aktivitas berkendaranya,” kata Fordwich kepada Fox News Digital.

Ratu meninggal pada September 2022 pada usia 96 tahun.

3. Duke of Windsor

Duke of Windsor, yang dijabat oleh Raja Edward VIII hanya setahun sebelum turun tahta pada bulan Desember 1936 untuk menikahi janda Wallis Simpson, didiagnosis menderita kanker tenggorokan pada 1971.

Duke, yang merupakan seorang perokok berat, dilaporkan menerima terapi kobalt setelah diagnosisnya. Dia meninggal di Paris, Prancis, pada 28 Mei 1972, pada usia 77 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro