Raja Charles III./ Bloomberg
Entertainment

Tak Hanya Raja Charles III, Ini Keluarga Kerajaan yang Punya Riwayat Kanker

Mutiara Nabila
Rabu, 7 Februari 2024 - 11:16
Bagikan

4. Ratu Elizabeth I

Ratu Elizabeth, Ibu Suri, adalah Ratu Britania Raya dan Dominion Persemakmuran Inggris dari 11 Desember 1936 hingga 6 Februari 1952.

Pada 1966, Elizabeth didiagnosis menderita kanker usus besar dan menjalani operasi pengangkatan tumor, seperti yang ditulis penulis biografi William Shawcross dalam "The Queen Mother: The Official Biography."

Pada 1984, ratu menerima diagnosis kanker payudara dan menjalani lumpektomi. Dia kemudian berumur panjang, meninggal pada tanggal 30 Maret 2002, pada usia 101 tahun.

5. Raja George VI

Raja George VI, yang mengambil alih takhta pada 11 Desember 1936 hingga kematiannya, didiagnosis menderita kanker paru-paru pada September 1951.

“Dia adalah seorang perokok berat dan telah disarankan oleh dokternya untuk merokok guna membantu 'merapikan paru-parunya' karena kegagapannya,” kata Fordwich.

Melansir The Independent, raja yang perokok berat itu menjalani operasi untuk mengangkat paru-paru kirinya. Setelah masa pemulihan awal, kesehatan raja menurun dan dia meninggal karena penyakit tersebut pada 6 Februari 1952, pada usia 56 tahun.

6. Raja Edward VII

Raja Edward VII, yang memerintah dari 22 Januari 1901 hingga kematiannya pada 1910, didiagnosis menderita karsinoma sel basal, bentuk kanker kulit yang paling umum, pada 1907.

Kankernya, yang ditemukan pada kulit di sebelah hidungnya, dilaporkan dapat disembuhkan dengan radium. 

Setelah menderita masalah kesehatan lainnya di kemudian hari, Edward meninggal pada usia 68 tahun pada 6 Mei 1910, setelah serangkaian serangan jantung.

7. Putri Victoria

Putri Ratu Victoria dan Pangeran Albert, Putri Victoria, yang lahir pada 21 November 1840, didiagnosis menderita kanker payudara pada 1898.

Ibu delapan anak ini meninggal karena penyakit tersebut pada 5 Agustus 1901, pada usia 60 tahun.

Dr. Nathan Goodyear, direktur medis di Brio Medical, pusat penyembuhan kanker holistik dan integratif di Scottsdale, Arizona, mengatakan bahwa kanker tidak mengenal preferensi. 

"Baik golongan kiri atau kanan, konservatif atau liberal, kelas atas atau bawah, kanker tidak menunjukkan kecenderungan,” katanya. 

Demikian pula, penyakit kanker tidak mengenal perbedaan antara keturunan bangsawan dan non-keturunan bangsawan, tambahnya.

"Meski memiliki akses terhadap gaya hidup sehat, perawatan medis paling inovatif dan orang-orang paling cerdas di dunia, keluarga kerajaan masih menghadapi kanker,” kata Goodyear.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro