Kenali Gejala Diabetes pada Kulit Anda
Health

Kenali Gejala Diabetes pada Kulit Anda

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 7 Februari 2024 - 12:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selain gejala umum dari diabetes yang lazim diketahui, ternyata ada lima tanda peringatan resistensi insulin, yang terlihat pada penderita diabetes dan sindrom ovarium polikistik, yang muncul pada kulit.

Resistensi insulin mengacu pada masalah kesehatan di mana tubuh Anda menjadi resisten terhadap terlalu banyak insulin yang terus dilepaskan untuk mengatasi kadar gula darah tinggi.

Yang mengkhawatirkan, resistensi insulin dapat menyebabkan pradiabetes dan akhirnya diabetes.

Selain itu, sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah kondisi umum yang memengaruhi cara kerja ovarium wanita.

Mengutip Express, berikut beberapa tanda diabetes pada kulit Anda

1. Perubahan warna kulit di ketiak atau leher

Tanda awal resistensi insulin bisa muncul di leher atau ketiak berupa lipatan kulit yang menghitam.

Dikenal juga sebagai acanthosis nigricans, perubahan warna ini mengacu pada kulit Anda yang menjadi lebih gelap dan lembut dengan batas yang tidak jelas dan mungkin juga termasuk penebalan kulit.

2. Tag kulit

Tanda bahaya lainnya bisa jadi adalah tumor kecil dan jinak yang terbentuk di kulit.

Pertumbuhan lembut berwarna daging menonjol dari permukaan kulit pada tangkai kecil dan ukurannya bisa berkisar dari satu hingga beberapa milimeter.

3. Jerawat

Meskipun tanda ini lebih umum terjadi pada PCOS, apoteker juga menyarankan untuk mewaspadai jerawat, biasanya di sekitar garis rahang.

Karena pemicu jerawat jenis ini adalah ketidakseimbangan hormon, jerawat PCOS cenderung muncul di area yang lebih sensitif terhadap efek hormon.

4. Pertumbuhan rambut berlebihan

Pertumbuhan rambut berlebihan yang tidak normal, juga dikenal sebagai hirsutisme, dapat menjadi peringatan.

Menurut NHS, hirsutisme terjadi ketika wanita memiliki rambut tebal berwarna hitam di wajah, leher, dada, perut, punggung bawah, bokong, atau paha.

5. Pola kebotakan pria

Tanda peringatan terakhir yang diperingatkan oleh apoteker adalah rambut rontok. Nyrah menjelaskan, kadar insulin yang tinggi akan menyebabkan testosteron lebih tinggi sehingga dapat memicu kerontokan rambut.

6. Lepuh Diabetes

Sementara itu dilansir dari Webmd, kulit melepuh juga jadi tanda diabetes. Ini mungkin muncul tiba-tiba di jari tangan, kaki, tangan, kaki, dan terkadang di tungkai atau lengan bawah. Biasanya berwarna putih tanpa warna merah di sekelilingnya. Lepuh mungkin terlihat menakutkan, tetapi biasanya tidak terasa sakit dan sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar 3 minggu. Itu bisa menjadi tanda bahwa Anda menderita diabetes atau kadar gula darah Anda tidak terkontrol. Bicaralah dengan dokter Anda tentang gejala Anda.

7. Kulit Menebal

Dokter Anda mungkin menyebutnya sklerosis digital. Hal ini dapat terjadi pada diabetes tipe 1 dan tipe 2. Kulit di punggung tangan atau jari tangan atau kaki Anda mungkin tebal dan licin. Bercak tersebut mungkin menyebar ke lengan, punggung atas, dan bahu Anda. Dalam kasus yang parah, Anda mungkin mengalami kesulitan menggerakkan persendian dan memerlukan terapi fisik. Cara terbaik untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan mengontrol gula darah Anda.

8. Bintik Tulang Kering (Dermopati Diabetik)

Ini mungkin tampak seperti bintik-bintik penuaan sederhana. Tapi ternyata tidak. Gula darah tinggi akibat diabetes merusak pembuluh darah kecil dan menyebabkan bercak kecoklatan. Bintik-bintik kasar dan bulat ini sering muncul di tulang kering Anda. Dermopati biasanya tidak berbahaya dan akan hilang dalam waktu sekitar 18 bulan. Tapi itu juga bisa bertahan lama.

9. Nekrobiosis Lipoidica

Necrobiosis berarti degenerasi dan kematian. Bintik-bintik merah kecil dan menonjol di kulit Anda perlahan-lahan tumbuh lebih besar dan lebih bersinar dan terkadang berubah menjadi kuning. Kulit Anda mungkin menipis dan pecah-pecah, menyebabkan luka yang disebut bisul. Itu bisa gatal dan sakit. Tapi itu sangat jarang. Hanya 1 dari 300 penderita diabetes yang mengidapnya. Sulit untuk diobati, tetapi obat resep, suntikan, atau losion dapat membantu.

10. Xanthomatosis erupsi

Diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan timbulnya jerawat Xanthomatosis Erupsi berupa benjolan lilin di kaki, tangan, lengan, tungkai, dan bokong. Laki-laki muda dengan diabetes tipe 1 sangat mungkin terkena penyakit ini. Erupsi kulit mungkin terasa lembut dan gatal, tapi tidak menular. Bicarakan dengan dokter Anda tentang cara mengontrol kadar gula darah Anda dengan lebih baik. Itu juga akan membantu meringankan benjolan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro