Ini 8 Kebiasaan yang Berbahaya Bagi Kesehatan Ginjal/harvarduniversity
Health

Ini 8 Kebiasaan yang Berbahaya Bagi Kesehatan Ginjal

Mutiara Nabila
Selasa, 20 Februari 2024 - 12:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh. Namun, ternyata ada beberapa kebiasaan yang bahkan sering dikira sehat, padahal berbahaya untuk kesehatan ginjal. 

Kerusakan ginjal ternyata tak hanya bisa disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok, tapi juga kebiasaan makan dan gaya hidup lainnya. 

Dari terlalu banyak konsumsi protein sampai terlalu banyak olah raga ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan ginjal.

Mengutip berbagai sumber, berikut ini kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan ginjal:

1. Makan terlalu banyak protein

Protein sangat penting untuk diet sehat. Beberapa diet bahkan menyarankan hanya untuk makan protein saja dan melepas makanan dengan karbohidrat. 

Namun, protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah yang dapat menyebabkan asidosis, suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat menghilangkan asam dalam jumlah yang cukup, sehingga menyebabkan efek buruk pada organ.

2. Terlalu banyak mengonsumsi garam

Pola makan tinggi garam mengandung banyak natrium, yang dapat meningkatkan tekanan darah dan pada akhirnya mempengaruhi fungsi ginjal. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Rumah Sakit San Giovanni Bosco, Italia menemukan bahwa terlalu banyak garam memiliki efek jaringan langsung pada ginjal, menyebabkan hipertrofi dan fibrosis. Terlalu banyak garam juga bisa menyebabkan batu ginjal.

3. Terlalu sering makan makanan olahan

Makanan olahan merupakan sumber natrium dan fosfor yang signifikan. Banyak orang yang menderita penyakit ginjal perlu membatasi fosfor dalam makanannya.  

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan fosfor yang tinggi dari makanan olahan pada orang tanpa penyakit ginjal mungkin berbahaya bagi ginjal dan tulangnya.  

4. Kurang Minum Air Putih

Tetap terhidrasi dengan baik membantu kesehatan ginjal dan membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Minum banyak air juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari batu ginjal.  

Mereka yang memiliki masalah ginjal atau gagal ginjal mungkin perlu membatasi asupan cairan, namun bagi kebanyakan orang, minum 1,5 hingga 2 liter (3 hingga 4 liter) air per hari adalah target yang sehat.

5. Kurang tidur

Di tengah kesibukan sehar-hari, terkadang tidur cukup adalah hal yang sulit dicapai. Padahal, istirahat malam yang cukup sangat penting untuk kesehatan termasuk untuk fungsi ginjal. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun yang membantu mengoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam.

6. Duduk diam

Duduk dalam jangka waktu lama kini dikaitkan dengan perkembangan penyakit ginjal. Meskipun para peneliti belum mengetahui mengapa atau bagaimana waktu duduk atau aktivitas fisik berdampak langsung pada kesehatan ginjal, diketahui bahwa aktivitas fisik yang lebih banyak dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah dan metabolisme glukosa, yang keduanya merupakan faktor penting dalam kesehatan ginjal.

7. Sering minum obat nyeri

Apakah Anda termasuk orang yang sakit sedikit langsung minum obat? Hati-hati, minum obat pereda nyeri yang dijual bebas dalam jumlah besar secara teratur, seperti aspirin, dan ibuprofen dapat merusak ginjal Anda.  

Konsultasikan dengan dokter sebelum minum obat-obatan pereda nyeri atau untuk mengetahui pilihan obat lain yang lebih aman.

8. Latihan atau olahraga berlebihan

Berolahraga terlalu keras dan terlalu lama dapat menyebabkan rhabdomyolysis, suatu kondisi di mana jaringan otot yang rusak terurai dengan sangat cepat. Ini membuang zat ke dalam darah yang dapat melukai ginjal dan membuatnya gagal berfungsi.  

Jangan berlebihan dalam latihan, tingkatkan latihan secara bertahap dan jangan tiba-tiba membuatnya menjadi lebih intens. Jika bisa, hindari berolahraga di tempat dengan suhu dan kelembapan tinggi.  Temui dokter Anda jika Anda mengalami nyeri otot dan kencing berwarna gelap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro