Ilustrasi perempuan dengan kulit wajah yang berjerawat/Freepik
Health

Simak 4 Vitamin yang Baik Bagi Kesehatan Kulit

Redaksi
Kamis, 22 Februari 2024 - 10:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Merawat kulit adalah suatu hal terpenting bagi seluruh manusia. Tak memandang pria maupun wanita, perawatan kulit menjadi fokus utama bagi banyak orang. 

Kulit merupakan salah satu organ yang terlihat secara nyata. Tak jarang, banyak orang yang sangat memperhatikan kesehatan kulit setiap harinya. Dimulai dengan cara pemakaian lotion, sunscreen, hingga rutin menggunakan body scrub, setidaknya kesehatan kulit lebih terjaga. 

Hidup di Indonesia yang memiliki iklim tropis dan cuaca panas yang luar biasa, membuat Anda fokus pada pemakaian sunblock atau tabir surya yang dapat menghalau panasnya sinar matahari ke dalam kulit. Makanya, orang Indonesia cenderung memiliki permasalahan kulit kering. 

Karena nyatanya, kanker kulit berasal dari efek radiasi sinar matahari yang tembus ke dalam kulit. Sehingga kulit terasa kering, panas, bahkan gatal. Cara yang paling tepat adalah dengan mengonsumsi vitamin untuk merawat kesehatan kulit setiap harinya.

Dilansir dari healthline.com, inilah beberapa jenis vitamin yang bermanfaat untuk kulit:

1. Vitamin D

Vitamin D merupakan jenis vitamin yang bisa didapatkan dengan cara berjemur. Namun berjemur yang dimaksud adalah ketika seseorang sedang berjemur, maka pilih waktu dan suasana yang tepat untuk melakukannya.

Karena berjemur yang baik adalah selama 15-10 menit setiap harinya. Nantinya vitamin D ini akan mengalir ke hati dan ginjal untuk membantu menciptakan sel-sel di dalam tubuh. Vitamin ini adalah jenis vitamin yang paling murah dan semua orang bisa memanfaatkannya.


2. Vitamin C

Vitamin C berada pada lapisan epidermis serta dermis manusia. Memiliki khasiat bagi produksi kolagen, membuat vitamin C banyak digunakan produk kecantikan sebagai bahan utamanya. Selain itu, kandungan antioksidannya mampu melawan kanker yang ada di dalam tubuh. 

Dilansir dari Kemenkes, setidaknya tubuh manusia khususnya orang dewasa bisa mengonsumsi suplemen vitamin C sebanyak 75-90 mg per hari.

Mengonsumsi vitamin C bisa dilakukan secara mudah. Hanya dengan mengonsumsi buah yang memiliki kandungan nabati seperti brokoli, jeruk, dan, kulit akan terasa lebih sehat dan lembab. 


3. Vitamin E

Vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang fungsinya adalah melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Karena dampak dari paparan dari sinar matahari ini akan menimbulkan bintik hitam dan kerutan. Sehingga diperlukan vitamin E untuk menutrisi kulit dari dalam. 

Dalam sehari setidaknya tubuh manusia dapat mengonsumsi suplemen vitamin E sebanyak 15 gr dan dapat diselingi dengan mengonsumsi makanan lain seperti kacang-kacangan, yang di dalamnya mengandung kandungan vitamin E bagi tubuh.


4. Vitamin K 

Vitamin K memiliki banyak khasiat khususnya bagi penyembuhan luka pada kulit. Perannya sangat penting dalam membantu proses pembekuan darah yang nantinya akan membantu penyembuhan luka bagi tubuh.

Jika vitamin lain biasanya dikonsumsi dalam jenis suplemen, vitamin K dihasilkan dalam bentuk krim yang nantinya dapat digunakan pada area kulit bagian luar. 

Hal ini dikarenakan fungsinya sebagai vitamin yang digunakan oleh banyak pasien pasca operasi. Kandungan di dalamnya lebih cepat untuk menangani berbagai luka seperti stretch mark, bintik gelap, spider veins, dan masih banyak yang lainnya.

Setelah melihat penjelasan mengenai manfaat dari berbagai vitamin yang baik bagi kulit, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan Anda dalam memilih jenis vitamin apa yang cocok bagi kulit Anda.

Pahami permasalahan jenis kulit Anda, lakukan konsultasi ke dokter spesialis apabila Anda memiliki masalah pada kulit. Konsumsi makanan yang mengandung banyak nilai vitamin, serta konsumsi suplemen apabila diperlukan. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro