Simak cara mengatasi kantung mata/ilustrasi
Health

Perawatan Wajah, Tips Mengatasi Masalah Kantung Mata

Redaksi
Kamis, 22 Februari 2024 - 20:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kantung mata bisa menjadi permasalahan kulit wajah pada sebagian orang. Kantung mata tidak selamanya menjadi tanda seseorang kurang tidur.

Dokter kulit Sjahrir mengatakan bahwa kantung mata menjadi salah satu masalah yang sering dialami terutama pada usia 30-40 tahun. Orang yang mengalami kegemukan juga bisa memiliki kantung mata berlemak.

Gejala yang dialami orang yang mempunyai kantung mata yakni adanya pembekakan ringan di sekitar mata, kulit kendur dan adanya lingkaran hitam di bawah mata. Bila kantung mata sangat mengganggu, maka Anda bisa merencanakan operasi kantung mata.

“Budget yang dikeluarkan sangat beragam untuk perawatan kulit, semakin banyak permasalahan yang dialami tentu semakin banyak juga budget yang harus dikeluarkan,” ungkapnya dalam acara Kamis Santuy Bisnis Indonesia, Kamis (22/2/2024).

Dilansir dari mayoclinic.org, kantung mata dapat disebabkan oleh:

1. Faktor usia

2. Kurang waktu tidur

3. Mengalami alergi

4. Merokok

5. Faktor genetik 

6. Kondisi kesehatan seperti dermatitis, penyakit ginjal dan mata tiroid.

Dilansir dari hopkinsmedicine.org dan healthline.com, simak cara mengatasi masalah kantung mata:

1. Kompres mata dengan air

Kantung mata yang membengkak bisa diatasi dengan mengompres mata. Kompres mata dengan air dingin dapat membantu mengurangi aliran darah yang menyebabkan pembengkakan dan peradangan yang ada di mata. 

2. Melakukan botox 

Tren kecantikan semakin populer, digunakan untuk pengobatan hingga estetika wajah. Salah satu tren kecantikan yang marak digunakan yaitu boto. Botox sangat beragam, salah satunya yaitu digunakan untuk mengencangkan atau menghilangkan kantung mata.

Menurut dokter Sjahri, permasalahan kantung mata bisa diatasi dengan botox, kantung mata itukan lemak ya. Nah, penggunaan botox bisa mengencangkan kembali area kantung mata.

3. Menggunakan retinol

Retinol mampu untuk memperbaiki masalah kantung mata, di dalam retinol terdapat kandungan yang dapat membantu memperbaiki kekurangan kolagen pada wajah. Penggunaan retinol cukup digunakan sehari sekali setelah mencuci muka. Bagi ibu hamil atau menyusui dapat mengganti penggunaan retinol dengan vitamin A.

Menurut Dr. Sjahrir, “Penggunaan retinol harus disertakan dengan moisturizer dan sunscreen untuk menyeimbangkan serta mengoptimalkan fungsi retinol pada wajah”

4. Menggunakan sunscreen

Tidak hanya digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, penggunaan sunscreen dapat membantu mengatasi masalah penuaan dini. Oleh karena itu, memakai sunscreen dapat mengatasi masalah pada kantung mata Anda.

American Academy of Dermatology Association, menyarankan untuk penggunaan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih sesuai kebutuhan kulit Anda.

5. Makan banyak kolagen

Penambahan usia menimbulkan kerutan-kerutan pada wajah, salah satunya kerutan pada kantung mata. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah kantung mata yang dialami. 

Meningkatkan asupan makanan yang mengandung vitamin C dan asam amino, juga dapat membantu Anda untuk memproduksi kolagen yang digunakan untuk meningkatkan kadar asam hialuronat. Sehingga, dapat menciptakan kulit wajah yang lebih sehat

Sumber vitamin C yang baik untuk dikonsumsi terdapat pada sayuran dan buah seperti:

1. Jeruk

2. Stroberi

3. Brokoli

4. Paprika merah

5. Kubis (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro