Ilustrasi batu ginjal/harvarduniversity
Health

Kenali Penyebab Penyakit Gagal Ginjal, Pengobatan, dan Pencegahan

Redaksi
Kamis, 29 Februari 2024 - 15:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ginjal menjadi salah satu organ yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Umumnya, cara kerja ginjal adalah menyaring darah dan membuang hasil metabolisme setelah proses pembuatan urine.

Namun, banyak orang yang masih acuh terhadap pentingnya menjaga kesehatan ginjal. Padahal, ginjal menjadi penopang manusia dalam melakukan berbagai aktivitas. 

Berdasarkan riset dari Kemenkes lebih dari 2 juta penduduk Indonesia, mendapatkan perawatan khusus karena menderita gagal ginjal. Hal ini disebabkan karena adanya pola hidup yang tidak sehat, terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung natrium, ataupun kekurangan cairan air yang berakibat fatal pada ginjal, seperti gagal ginjal akut atau Chronic Kidney Disease (CKD).

Jika dibiarkan, faktor yang akan terjadi selain terkena CKD, Anda juga dapat terserang penyakit stroke dan komplikasi lainnya. Penyebab penyakit gagal ginjal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor fisik, lingkungan, dan sosial juga menjadi salah satu penyebab terjadinya gagal ginjal. 

Hal ini dikarenakan lingkungan yang memiliki sirkulasi udara yang tidak sehat, berada di tempat yang terbiasa dengan gaya hidup tidak seimbang menjadi pemicu penyakit tersebut.

Tak hanya faktor lingkungan dan sosial saja, melainkan faktor fisik yang berupa riwayat penyakit yang dimiliki, seperti diabetes, hipertensi, obesitas, gagal jantung, dan sebagainya.

Simak penyebab terjadinya gagal ginjal adalah:

1. Kondisi penyakit yang diwariskan: penyakit ginjal polikistik.

2. Kondisi autoimun: lupus.

3. Penyakit glomerulus: glomerulonefritis, nefropati IgA, dam nefropati HIV.

4. Infeksi berat: sepsis dan sindrom uremik hemolitik (HUS).

5. Penyakit lain seperti infeksi saluran kantung kemih, batu ginjal, kanker ginjal, dan sebagainya.

Apabila kondisi tersebut menumpuk, maka akan berakibat terserang penyakit komplikasi setelah semua jenis riwayat penyakit yang disampaikan di atas, ditemukan dalam tubuh Anda.

Komplikasi dapat saja terjadi apabila pencegahan dan pengobatan, tidak dilakukan secara terus menerus. Sehingga efek yang dihasilkan, hanya menumpuk dan memperparah keadaan yang kian memburuk.

Ketika Anda sudah didiagnosa memiliki penyakit gagal ginjal, maka Anda lakukan adalah:

1. Rutin berkonsultasi kepada dokter spesialis, supaya Anda bisa mengetahui perkembangan kesehatan yang ada dalam diri Anda.

2. Meminta rekomendasi pengobatan melalui dokter spesialis.

3. Berunding bersama keluarga besar terhadap jenis pengobatan yang akan dipilih.

4. Mempersiapkan mental dan fisik untuk perubahan hidup di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro