Ilustrasi batu ginjal/harvarduniversity
Health

Kenali Penyebab Penyakit Gagal Ginjal, Pengobatan, dan Pencegahan

Redaksi
Kamis, 29 Februari 2024 - 15:45
Bagikan

Jenis pengobatan yang biasa dilakukan untuk penyakit gagal ginjal adalah:

1. Dialisis peritoneal, dengan menggunakan lapisan perut untuk menyaring darah di dalam tubuh, atau dalam kata kalin membuang limbah dalam tubuh.

2. Transplantasi ginjal, dengan melakukan tindakan operasi untuk menempatkan ginjal dari pendonor. Tentunya, ginjal yang diberikan ini adalah ginjal yang sehat dan siap digunakan untuk menyaring darah dalam tubuh Anda.

3. Penatalaksanaan konservatif, dengan cara menangani pengobatan ginjal tanpa dialisis maupun transplantasi. Ritme pengobatan yang Anda ambil adalah perawatan kesehatan dengan mengelola dan menjaga fungsi ginjal dengan baik.

4. Hemodialisis, dengan menggunakan bantuan mesin untuk memindahkan darah melalui filter yang ada di luar tubuh.

 Setelah Anda memahami mengenai penyebab dan pengobatan yang dapat dilakukan dalam menangani penyakit gagal ginjal, kini Anda bisa melakukan pencegahan yang dapat dilakukan dengan cara:

1. Menjaga berat badan dalam tubuh untuk mencegah terjadinya obesitas. Lakukan diet yang tepat, supaya hidup Anda jauh lebih seimbang dan terhindar dari berbagai penyakit.

2. Kelola stres dalam hidup Anda. Mengelola stres dengan baik akan membuat diri Anda merasa jauh lebih tenang dan tentram. Kunci dari timbulnya penyakit adalah pikiran. Maka Anda harus bisa mengelola pikiran dengan baik dan percaya pada diri sendiri.

3. Hindari rokok, alkohol, maupun zat berbahaya lainnya. Karena zat-zat berbahaya tersebut, jika masuk ke dalam tubuh manusia akan berdampak pada sistem organ yang setiap harinya bekerja untuk mengoptimalkan kehidupan manusia.

4. Konsumsi air putih minimal 2 liter dalam sehari. Hal ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi dalam tubuh manusia yang berdampak langsung terhadap kesehatan ginjal.

5. Konsumsi makanan sehat yang rendah lemak, garam, dan tinggi serat. Hal ini perlu dilakukan supaya kesehatan ginjal akan lebih terjaga dengan baik. Konsumsi lemak dan garam berlebih bukan hanya berdampak pada kesehatan ginjal saja. Melainkan, berdampak pada penurunan fungsi setiap organ yang ada di dalam tubuh.

6. Tidak mengkonsumsi obat-obatan yang tidak dianjurkan secara berlebihan. Konsumsi obat-obatan yang tidak dianjurkan oleh dokter, hanya akan merusak ginjal dan menimbulkan efek samping lain apabila dosis yang dikonsumsi tidak tepat.

Mari memulai hidup sehat untuk keberlangsungan hidup Anda di masa depan. Karena Anda berhak untuk hidup lebih lama dan pantas merasakan berbagai pengalaman hidup lainnya. Terapkan pola hidup sehat di dalam keluarga, supaya terciptanya keluarga harmonis dan sehat yang saling menjaga dan melengkapi satu sama lain. (Maharani Dwi Puspita Sari)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro