Tips Hilangkan Tungau Pada Kasur Penyebab Gatal-gatal
Health

Tips Hilangkan Tungau Pada Kasur Penyebab Gatal-gatal

Redaksi
Sabtu, 2 Maret 2024 - 15:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gatal-gatal akibat gigitan tungau pernah dialami oleh semua orang.

Tungau sendiri merupakan serangga kecil yang biasanya hinggap di kasur dan mempunyai hobi mengigit kulit manusia.

Tungau juga bisa jadi di tempat-tempat yang memiliki kondisi ruangan lembab dan berdebu. Hewan ini dapat berpindah-pindah tempat, sehingga tungau bisa menyebar ke berbagai tempat dalam rumah.

Gigitan dari tungau tidak hanya menyebabkan gatal-gatal melainkan bisa menimbulkan ruam merah, iritasi, hingga bengkak dan melepuh.

Secara tidak langsung, hewan ini membuat penderitanya sulit untuk tidur nyenyak karena selalu dihadapi dengan gigitan yang membuat gatal.

Melansir dari Health.com ada beberapa langkah untuk membasmi tungau pada ruangan rumah khusunya kasur, yakni :

1. Rutin Mencuci Perlengkapan Tidur

Kondisi perlengkapan tidur yang bersih dan tidak lembab adalah cara agar tungau tidak hinggap di kasur Anda. Rutin lah mencuci sarung bantal/guling, selimut, dan sprei. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir munculnya tungau

2. Gunakan Sarung Penutup Beresleting

Suhu lembab pada bantal, guling, dan kasur saat ditutup alas merupakan rumah yang cocok bagi tungau untuk hidup bahkan berkembang biak. Untuk mencegah itu, Anda bisa menggunakan penutup yang memiliki resleting agar menutup area perlengkapan tersebut.

3. Gunakan Penyedot Debut

Selain mencuci perlengkapan tidur, Anda bisa gunakan penyedot debu dengan daya hisap tinggi untuk menghilangkan debu pada bantal, guling, kasur, dan ruangan.

4. Jaga Suhu Ruangan

Suhu ruangan yang hangat dan lembab sama saja memberikan tempat tinggal yang nyaman bagi tungau. Ruangan bersuhu 14 - 18 derajat bisa menghalau tungau untuk hidup. Gunakanlah kipas atau AC agar kondisi ruangan pada ruangan dapat terjaga.

5. Jemur Perlengkapan Tidur di Bawah Sinar Matahari

Rutin lah menjemur bantal, kasur, selimut, guling, dan perlengkapan tidur lainnya di bawa sinar matahari. Sinar UV pada matahari bisa membunuh dan membuat tungau minggat dari perlengkapan tersebut. Anda bisa menjemurnya pada waktu siang hari.

6. Semprot Perlengkapan dengan Disinfektan

Menyemprotkan disinfektan pada beberapa tempat bisa dengan efektif membasmi tungau. Penyemprotan ini tidak hanya menghilangkan tungau, namun mampu mencegah masuknya berbagai serangga pada ruangan. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro