Pria pemalu/bonobology
Relationship

Ini 8 Tanda Pria Kesepian Dalam Menjalani Kehidupannya

Redaksi
Rabu, 6 Maret 2024 - 16:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pria bisa mengalami kesepian, karena tidak memiliki minat menjalin hubungan sosial. Kenali bagaimana ciri-ciri pria kesepian.

Dilansir dari geediting.com dan ideapod.com, Rabu (6/3/2024) sebagai manusia pasti membutuhkan bantuan orang lain dalam menjalani aktivitas. Namun, beberapa pria memilih untuk tidak menerima bantuan orang lain, sehingga membuat mereka kesepian dalam menjalani hidup. 

Simak tanda pria alami kesepian dalam hidupnya

1. Menarik diri dari lingkungan sosial

Pria yang kesepian, terbiasa melakukan segala sesuatunya tanpa bantuan orang lain. Jadi, ketika dalam interaksi sosial, akan membuat mereka merasa seperti mendapatkan tugas yang berat.

Penarikan diri dari lingkungan sosial, dilakukan karena mereka merasa tidak mempunyai hobi yang dapat membantu mereka untuk menambah teman atau relasi. Ketika, seseorang tidak mempunyai teman, maka mereka akan mengalami kesepian dalam hidupnya. Berikut alasan pria menarik diri dari lingkungan sosial:

1. Perubahan hidup, kehilangan pekerjaan

2. Mempunyai masalah kesehatan mental

3. Mempunyai masalah kesehatan fisik

4. Trauma atau kehilangan

5. Malu

2. Menggunakan media sosial secara berlebihan

Bagi pria yang kesepian, mereka akan lebih bergantung dengan interaksi digital daripada interaksi didunia nyata. Salah satu interaksi digital, yakni terjadi pada media sosial, mereka menjadikan media sosial sebagai tempat pelarian untuk mengatasi rasa kesepiannya.

3. Bekerja terlalu keras

Saat pria mengalami kesepian, maka menimbulkan rasa putus asa dalam hidupnya. Pria yang kesepian akan menyibukkan diri dengan cara bekerja terlalu keras. Mereka melakukan tindakan tersebut, untuk menghilangkan rasa putus asa dalam menjalani kehidupan.

4. Tidak memperhatikan penampilannya

Rasa kesepian jika dialami dalam waktu yang lama akan berdampak buruk, salah satunya mempengaruhi cara mereka berpenampilan. Terbiasa dalam kesendirian, membuat mereka tidak memperhatikan penampilannya, sehingga membuat penampilan mereka tidak terawat dan terlihat acak-acakan. 

5. Investasi berlebihan pada hobi

Ketika, pria mengalami kesepian, maka mereka akan melakukan hal-hal yang membuat mereka lupa tentang kondisinya. Salah satu cara yang dilakukan yakni melalui hobi yang disukai, mempunyai kegiatan yang dilakukan akan membuat mereka lupa akan rasa kesepian.

Namun, banyak pria yang pada akhirnya berinvestasi berlebihan pada hobi mereka, karena menurutnya hal tersebut dapat membantu mereka keluar dari kondisi yang dialami.

6. Sulit tidur

Kesepian mempersulit orang untuk mengatasi stres yang dialami dalam hidupnya. Stres yang dialami dalam kurun waktu yang cukup lama, akan menyebabkan munculnya gejala insomnia atau sulit tidur.

7. Makan dan minum berlebihan

Ketika, pria mengalami kesepian dalam hidupnya, mereka akan memiliki tingkat kecemasan yang cukup tinggi. Minum berlebihan, menjadi cara yang dilakukan untuk mengatasi kecemasan sosial yang dialaminya. Makan berlebihan, juga dilakukan para pria ketika mengalami gangguan kesehatan, seperti stres atau depresi.

8. Membutuhkan validasi

Pria yang mengalami kesepian, akan mempengaruhi tingkat percaya diri dalam hidupnya. Mereka selalu membutuhkan validasi dari orang lain, agar tetap bisa percaya diri dalam menjalani kehidupannya. Hal tersebut, mereka lakukan karena mempunyai beberapa alasan berikut ini:

1. Menutupi rasa tidak aman

2. Perbandingan sosial

3. Takut ditolak

(Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro