Ilustrasi mata merah/
Health

Tips Hilangkan Rasa Lelah dan Pegal pada Mata

Redaksi
Kamis, 7 Maret 2024 - 17:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bekerja di depan layar komputer dalam jangka waktu panjang bisa membuat mata menjadi lelah.

Aktivitas ini juga tidak jarang mengakibatkan mata terasa pegal yang membuat tidak nyaman saat digerakkan.

Masalah itu juga berlaku ketika Anda melakukan pekerjaan dengan fokus yang tinggi atau sedang mengalami sakit, sehingga otot pada mata menjadi tegang. Bahkan, pada sebagian orang disertai rasa pusing.

Melansir Mayo Clinic, mata terasa pegal juga disebabkan oleh beberapa faktor, seperti melihat cahaya terang, mata kering, berkendara jarak jauh, dan bermain ponsel di tempat yang minim cahaya

Kondisi tersebut tidak bisa dianggap sepele karena akan mengganggu aktivitas Anda.

Bisnis telah menghimpun beberapa sumber untuk meredakan masalah pegal atau lelah pada mata.

1. Kompres dengan Handuk Hangat

Ketika mata mulai terasa pegal, Anda bisa mengompresnya dengan handuk hangat. Hal itu akan meredakan rasa pegal pada mata dan membuat otot disekitar mata menjadi rileks. Anda bisa mengompresnya selama lima menit sebelum tidur.

2. Senam mata

Senam mata bisa Anda praktikan ketika sedang rehat dari kerjaan atau sebelum tidur. Senam ini bertujuan melancarkan pergerakan otot pada mata dan membuat mata menjadi lebih fokus.

Anda bisa melakukan gerakan dengan melirikan mata ke kanan, kiri, atas, dan bawah selama beberapa kali. Melatih fokus mata juga mampu meredakan tengah otot mata, caranya yaitu Anda bisa meletakan 1 jari di depan mata, lalu gerakan maju dan mundur secara perlahan.

3. Atur pencahayaan perangkat digital

Sinar yang terpancar dari perangkat digital dapat berdampak negatif bagi kesehatan mata, apalagi kontras pada cahaya begitu terang. Perlu bagi Anda mengatur secara tepat pencahayaan perangkat digital yang nyaman bagi mata agar kesehatan mata bisa terjaga dan terhindar dari rasa lelah bahkan kebutaan.

4. Istirahatkan Mata

Saat Anda memiliki waktu luang ketika bekerja, usahakan untuk mengistirahatkan mata dengan cara memejamkan beberapa menit, atau setiap 20 menit menatap perangkat digital, Anda harus istirahat kan selama 20 detik dengan melihat objek lain di sekitar ruangan. Setelah itu, Anda akan merasakan fokus pada mata menjadi lebih baik dan menjaga produktivitas selama bekerja.

5. Kompres dengan ekstrak lidah buaya

Mengompres mata dengan ekstrak lidah buaya dapat membantu rasa lelah pada mata. Caranya, Anda tuangkan 1 sendok teh gel lidah buaya ke dalam air dingin, rendamlah kapas, lalu tempelkan pada mata tertutup. Lakukan selama 10 menit. Hal ini mengingat lidah buaya memiliki anti-inflamsi untuk meredakan sakit. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro