Kreator manga Dragon Ball Akira Toriyama / dragonball.fandom.com
Entertainment

Kreator Manga Dragon Ball, Akira Toriyama Meninggal Dunia

Aprianus Doni Tolok
Jumat, 8 Maret 2024 - 15:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kreator manga legendaris Dragon Ball, Akira Toriyama meninggal dunia pada Jumat, 1 Maret 2024 di usia 68 tahun. Kabar duka ini disampaikan oleh Bird Studio tempat Toriyama bernaung dan memproduksi manganya.

"Teman dan mitra yang terhormat, dengan sangat sedih kami informasikan kepada Anda bahwa pencipta Manga Akira Toriyama meninggal dunia pada tanggal 1 Maret karena hematoma subdural akut, Dia berusia 68 tahun," ujar Bird Studio dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (8/3/2024).

Bird Studio pun memberikan apresiasi kepada almarhum atas dedikasi dalam berkarya. Mereka menyampaikan bahwa Toriyama berhasil meninggalkan warisan dunia, salah satunya manga Dragon Ball.

"Dia telah mewariskan banyak judul manga dan karya seni kepada dunia ini. Berkat dukungan banyak orang di seluruh dunia, ia mampu melanjutkan aktivitas kreatifnya selama lebih dari 45 tahun, Kami berharap dunia kreasi unik Akira Toriyama terus dicintai semua orang hingga waktu yang lama," ujarnya.

Lebih lanjut, Bird Studio juga menyampaikan bahwa upacara pemakaman Toriyama hanya akan dihadiri keluarga dan beberapa kerabatnya berdasarkan keinginan almarhum.

Bahkan, Bird Studio menegaskan tidak akan menerima bunga, hadiah belasungkawa, dan yang lainnya.

"Selain itu, kami meminta Anda untuk tidak melakukan wawancara dengan keluarganya," katanya.

Dilansir dari dragonball.fandom.com, dragonball.fandom.com, Dragon Ball pertama kali diserialkan di majalah antologi manga mingguan Shueisha, Weekly Shonen Jump, sejak 1984 hingga 1995. Manga yang dikumpulkan menjadi 42 buku individual berjudul Tankōbon dirilis pada 10 September 1985 hingga 4 Agustus 1995.

Kisah Dragon Ball mengikuti kehidupan Son Goku, seorang anak laki-laki berekor monyet yang berdasarkan pada cerita rakyat tradisional China yakni perjalanan ke barat. Kisah Son Goku bertemu banyak tokoh baru memperdalam ilmu seni bela diri, melakukan banyak pertarungan hingga menjadi petarung terkuat di alam semesta.

Bagian terpenting dalam kisah kehidupan Son Goku adalah tujuh bola naga yang tersebar di penjuru dunia. Dia terlibat dengan beberapa tokoh yang berusaha mengumpulkan seluruh bola naga. Jika tujuh bola naga itu berhasil dikumpulkan maka akan muncul seekor naga yang bisa mengabulkan satu keinginan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro