7 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Kaya Manfaat di Bulan Ramadhan.
Health

7 Perbedaan Madu Asli dan Palsu dari Cirinya, Kaya Manfaat di Bulan Ramadhan

Redaksi
Rabu, 13 Maret 2024 - 11:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beredarnya madu palsu menjadi kekhawatiran bagi banyak orang. Padahal madu merupakan pendamping makanan dan minuman yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Kenali ciri-ciri perbedaan madu asli dan palsu, serta bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu berikut ini.

Melansir dari Healthline, mengonsumsi madu bisa membantu menjaga keseimbangan imunitas tubuh, karena madu memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Tentunya khasiat ini berguna menjaga stamina tubuh saat menjalani puasa.

Banyaknya pihak yang menjual madu palsu tentunya sangat merugikan, karena dikhawatirkan adanya campuran yang dapat membahayakan tubuh. Ini harus diwaspadai secara bersama agar terhindar dari bahaya.

Beberapa pedagang madu palsu tidak segan-segan menambahkan pemanis buatan dengan takaran sesukanya agar madu terasa manis, adapula yang mencampurkan pewarna buatan supaya warna pada madu terlihat menarik.

Ciri-ciri Madu Asli

Kenali ciri-ciri madu asli di bawah ini agar terhindar dari madu palsu, diantaranya:

1. Kental dan tidak mudah menetes

Madu asli memiliki tekstur yang kental dan tidak mudah menetes saat dituangkan. Ini menandakan kemurnian dan keaslian madu.

2. Bisa terbakar

Madu asli memiliki kandungan air yang rendah, sehingga dapat terbakar dengan mudah jika didekatkan dengan api.

3. Tidak berbusa

Ketika digoyangkan atau dikocok, madu asli tidak akan berbusa. Kebanyakan madu palsu cenderung berbusa ketika digoncangkan.

4. Tidak muncul suara letupan saat toples dibuka

Madu asli umumnya tidak akan menghasilkan suara letupan saat toples dibuka, berbeda dengan madu palsu yang mungkin mengeluarkan suara tersebut.

5. Tekstur lebih tebal

Madu asli umumnya memiliki tekstur yang lebih tebal daripada madu palsu.

6. Mengkristal

Madu asli memiliki sifat yang cenderung mengkristal, terutama pada suhu dingin, sementara madu palsu cenderung tidak mengalami kristalisasi.

Ciri-ciri Madu Palsu

Berikut ciri-ciri madu palsu yang wajib Anda waspadai ketika hendak membeli madu:

1. Mudah larut dalam air

Madu palsu cenderung mudah larut dalam air, sedangkan madu asli akan tetap utuh dan jatuh ke dasar gelas ketika dilarutkan.

2. Aroma yang kurang alami

Madu palsu mungkin tidak memiliki aroma alami seperti madu asli. Sebaliknya, madu asli memiliki aroma flora alami seperti rumput dan bunga-bungaan.

3. Tekstur yang tidak kental

Madu palsu mungkin memiliki tekstur yang lebih encer atau tidak sepadat madu asli.

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Bisnis telah menghimpun informasi dari berbagai sumber agar Anda bisa membedakan antara madu asli dan madu palsu.

1. Rasa

Madu asli memiliki rasa manis yang tetap bertahan sampai ke tenggorokan, sedangkan manis pada madu palsu hanya sampai di lidah saja.

2. Campurkan dengan Air

Metode ini merupakan cara sederhana untuk melihat madu palsu dan asli. Anda bisa menuangkan madu ke dalam gelas. Madu yang asli akan mengendap ke permukaan gelas, sedangkan madu palsu akan mudah larut dan tercampur dengan air.

3. Aroma

Madu asli memiliki aroma khas seperti wangi bunga, mengingat madu diambil oleh lebah dari bunga. Sedangkan madu palsu tidak memiliki aroma tersebut.

4. Masukan kedalam freezer

Tekstur kental alami dari madu asli tidak akan beku saat dimasukan ke dalam freezer, sedangkan madu palsu akan beku saat di masukan ke dalam freezer. Hal itu karena madu palsu sudah banyak tercampur berbagai bahan.

5. Tes menggunakan Roti

Saat Anda mengoleskan madu ke roti dan olesan tersebut mengeras, maka madu tersebut adalah asli. Sebaliknya, madu yang palsu tidak akan mengeras dan menjadi lembab di roti tersebut.

6. Tes menggunakan jari

Celupkan satu jari Anda ke madu yang sudah dibeli, ketika madu tersebut tumpah dengan cepat, maka madu tersebut kemungkinan besar palsu. Madu yang asli tidak akan mudah tumpah karena memilki tekstur kental yang alami.

7. Tes menggunakan kertas

Tuangkan satu sendok makan madu ke sebuah kertas. Jika madu terserap kertas dan mudah dirobek seperti terkena air, maka madu tersebut adalah palsu. Sebaliknya, jika madu yang Anda tuangkan tidak mudah terserap dan kertas tidak mudah terobek, maka madu itu adalah asli. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Manfaat Mengonsumsi Madu

Madu memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, berikut beberapa manfaat mengonsumsi madu untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Madu mengandung antioksidan dan senyawa antibakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi dari infeksi, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Memulihkan Luka Lebih Cepat

Kandungan enzim dan senyawa antiinflamasi dalam madu dapat mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk luka bakar dan luka sayatan.

3. Menangkal Radikal Bebas

Antioksidan dalam madu membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung.

4. Menyehatkan Jantung

Konsumsi madu secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

5. Menguatkan Organ Reproduksi Wanita

Madu dapat membantu mengoptimalkan kesehatan organ reproduksi wanita dengan mengatasi masalah menstruasi tidak teratur dan menopause.

6. Membantu Pencernaan

Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi bakteri dalam saluran pencernaan dan meredakan gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

7. Menambah Stamina Tubuh

Konsumsi madu secara teratur dapat meningkatkan energi dan stamina tubuh, membantu mengurangi kelelahan, dan meningkatkan performa fisik.

Demikian informasi lengkap mengenai ciri-ciri serta bagaimana cara mengetahui perbedaan madu asli dan palsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro