Manfaat mengonsumsi labu saat diet/boldsky.com
Health

Manfaat Mengonsumsi Labu Saat Diet

Redaksi
Senin, 18 Maret 2024 - 09:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Labu merupakan jenis sayur dan buah yang memiliki banyak manfaat. Satu buah labu mengandung magnesium, zat besi. nutrisi, dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari osfhealthcare.org, bagi orang yang melakukan diet, labu ini menjadi salah satu makanan yang mudah diolah dan cocok dikonsumsi tanpa bumbu apapun. Citarasa khas dari labu yang identik dengan rasa gurih dan tekstur yang lembut, membuat banyak orang mudah untuk mengonsumsinya.

Mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya apakah dengan mengonsumsi labu, akan memberikan dampak yang baik pada tubuh. Untuk itu, Anda perlu mengetahui alasan pentingnya mengonsumsi labu khususnya saat menjalani program diet.

Simak manfaat mengonsumsi labu saat diet:

1. Rendah kalori

Kalori menjadi musuh utama dalam program diet seseorang. Kelebihan kalori akan menyebabkan kenaikan berat badan. Sebagian orang juga masih kurang menyadari bahwa labu memiliki kalori yang rendah.

Mungkin hal ini dikarenakan bentuk dari labu sendiri yang terlihat padat. Padahal, labu memiliki kandungan air sebanyak 90%. Biasanya orang yang sedang diet mengonsumi labu dengan cara dikukus, untuk mempertahankan kualitas kesehatan yang baik pada tubuh.


2. Biji labu mengandung banyak magnesium

Bagian yang dapat dikonsumsi dari labu tidak hanya bagian luar atau dagingnya saja. Biji dari labu mengandung magnesium dan serat yang tinggi. 

Menurut American Heart Association, dalam seperempat cangkir labu memiliki kandungan magnesium yang direkomendasikan baik untuk dikonsumsi setiap hari. Magnesium memiliki khasiat yang baik bagi tulang dan mampu untuk menurunkan kadar tekanan darah.


3. Mudah untuk dikonsumsi

Memasak labu tidak perlu menggunakan cara yang rumit. Cukup untuk dikukus ataupun dipanggang, maka Anda dapat mencicipi labu yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Selain itu, makanan yang dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang lebih aman dikonsumsi daripada makanan yang dimasak dengan cara digoreng. 


4. Memiliki kandungan nutrisi yang padat

Selain rendah kalori, labu juga memiliki kandungan nutrisi yang padat. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah dan sayur dikelilingi oleh vitamin yang baik bagi tubuh.


5. Menjaga kesehatan jantung

Labu menjadi sumber serat yang baik pada tubuh. Serat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, dan menjaga kadar gula dalam darah.

Bagi orang yang diet, kandungan serat dalam labu dapat memperlancar pencernaan khususnya saat buang air besar. Poin utamanya adalah, serat dalam labu akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro