Buah blewah memiliki khasiat bagi tubuh
Health

Manfaat Blewah Bagi Kesehatan Tubuh

Redaksi
Senin, 18 Maret 2024 - 15:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buah blewah memiliki musim tersendiri untuk dipanen maupun dikonsumsi oleh banyak orang. Buah blewah juga banyak dikonsumsi saat Ramadan.

Namun, pada beberapa pasar tradisional buah blewah memang ada setiap harinya, tetapi penggunaan dan penjualannya meningkat saat memasuki bulan Ramadan.

Mungkin hal ini membuat Anda bertanya-tanya mengapa blewah banyak dicari dan dikonsumsi saat puasa. Seperti yang diketahui bahwa blewah sama hal nya dengan buah melon. Dilansir dari nutritiouslife.com, kandungan air yang dimiliki oleh buah ini sangat baik untuk meningkatkan hidrasi pada tubuh.

Simak manfaat blewah bagi tubuh

1. Tinggi akan kandungan karoten, lutein, dan zeaxanthin

Kandungan karoten dalam blewah ini akan bertindak sebagai antioksidan yang akan diubah menjadi vitamin A.  Fungsi dari vitamin A inilah yang akan membantu sekaligus menjaga kesehatan mata dan kulit. Blewah juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang mampu mencegah penyakit mata kronis. 


2. Mengandung nilai serat sebanyak 6%

Idealnya tubuh manusia menerima serat sebanyak 20-30 gr per hari. Serat menjadi alat bantu terpenting bagi sistem pencernaan manusia. Selain baik bagi pencernaan, fungsi serat pada tubuh adalah untuk mencegah sembelit, diabetes, penyakit jantung, maupun penyakit yang dapat menghambat sistem pencernaan.


3. Kaya akan kalium

Kalium memiliki peranan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mampu mengoptimalkan fungsi otot pada tubuh. Cara yang tepat konsumsi blewah untuk menerima kalium tersebut adalah dengan memakan potongan buah tersebut tanpa disertai saus atau bumbu yang lain. Melalui potongan blewah tersebutlah, segala macam khasiat dan kandungan dari buah blewah dapat diterima secara baik oleh tubuh.


4. Memiliki kandungan air yang tinggi

Blewah memiliki kandungan air sebanyak 90%. Otomatis kandungan air ini mampu menghidrasi tubuh dan membantu kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh sistem yang ada pada tubuh manusia.

Selain baik untuk menghidrasi tubuh, kandungan lain dari blewah seperti kadar folat yang tinggi, sangat membantu perkembangan pada ibu hamil. Kandungan folat tersebut sangat baik bagi ibu hamil, untuk mencegah terjadinya kecacatan pada janin sekaligus stunting pada anak.


5. Tinggi akan antioksidan, vitamin A, dan vitamin C

Kandungan antioksidan pada buah blewah sangat baik bagi untuk mengurangi kerusakan sel pada tubuh yang dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, maupun penyakit kronis lainnya.

 Blewah juga memiliki kandungan vitamin A yang jumlahnya mencapai 100%. Hal ini juga direkomendasikan setiap harinya untuk dikonsumsi oleh banyak orang mulai dari anak-anak hingga lansia. Manfaat lain dari vitamin A yang ada pada blewah mampu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda, sekaligus bermanfaat bagi kesehatan kulit dan mata.

 Sedangkan kandungan vitamin C pada buah blewah, mampu menjaga dan memperbaiki sel jaringan pada tubuh. Sistem jaringan yang ada pada tubuh manusia harus dijaga dan bekerja secara optimal. Jika tidak diperhatikan dan tidak adanya asupan vitamin C pada tubuh, mampu menyebabkan munculnya penyakit jantung, dan penyakit lainnya yang bersifat kronis. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro