Artis yang Lolos dan Gagal Melenggang ke Senayan/instagram
Entertainment

Artis yang Lolos dan Gagal Melenggang ke Senayan

Mutiara Nabila
Senin, 18 Maret 2024 - 12:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi artis memiliki satu kelebihan jika ingin maju menjadi calon legislatif. Ketenarannya bisa membantu mereka mendapatkan suara tanpa harus usaha kampanye lebih besar. 

Terbukti, puluhan artis melaju berlomba untuk masuk menjadi wakil rakyat, mencalonkan diri sebagai legislatif di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari berbagai daerah. Namun, hanya hitungan jari yang diperkirakan bisa lolos.  

Berdasarkan catatan Bisnis, ada sekitar 82 artis yang ikut maju dalam pemilihan umum serentak 2024. Mereka tersebar di berbagai partai seperti PKB, Gerindra, Nasdem, PAN, dan banyak lagi. 

Namun, sampai dengan sebulan setelah pemilihan umum, ternyata artis yang bisa lolos maju ke Senayan hanya hitungan jari. 

Adapun, penentuan caleg yang lolos untuk menjadi anggota DPR sendiri ditentukan menggunakan metode sainte lague dari matematikawan Prancis yang sudah digunakan sejak 1910.

Partai yang lolos merupakan partai yang suaranya memenuhi ambang batas untuk masuk ke DPR, yaitu 4% dari dari perolehan suara secara nasional. 

Berdasarkan data terakhir KPU, berikut ini adalah sejumlah artis yang diperkirakan lolos mendapatkan kursi sebagai anggota DPR: 

1. Arzeti Bilbina Setyawan (PKB - Jatim I): 62.790 suara

2. Dhani Ahmad Prasetyo (Gerindra - Jatim I): 134.227 suara

3. Dina Lorenza Audria (Demokrat - Jatim III): 52.983 suara

4. Uya Kuya (PAN - DKI Jakarta II):  46.326 suara  

5. Eko Patrio (PAN - DKI Jakarta I): 93.673 suara

6. Once Mekel (PDIP - DKI Jakarta II): 47.896 suara

7. Sigit Purnomo Pasha - (PAN DKI Jakarta III): 50.222 suara

8. Nafa Urbach (Nasdem - Jateng VI): 67.652 suara

9. Ashraff Abu (Golkar - Jateng X): 177.436 suara)

10. Jihan Fahira (DPD Jabar) 

11. Komeng (DPD Jabar)

12. Mulan Jameela (Dapil Jabar)

Adapun, beberapa artis yang mendapat suara tinggi namun gagal lolos ke Senayan antara lain Lula Kamal dengan total 32.589 suara karena sudah ada Uya Kuya yang lolos dari dapil yang sama. 

Selain itu, ada pula Kris Dayanti dengan 70.111 suara. Jika memantau akun Instagramnya, Kris Dayanti agaknya siap kembali menjadi penyanyi dan kembali menjadi Diva, jika gagal maju ke Senayan tahun ini. 

Selain itu, beberapa artis seperti Dede Sunandar yang hanya mendapat 11 suara juga terlihat mulai kembali ke layar kaca dan menghibur di beberapa acara komika atau stand up komedi. Sementara itu, Aldi taher malah bikin lagu "Gagal Nyaleg", dan Arnold Poernomo yang juga diperkirakan gagal tetap menjadi chef dan pebisnis makanan melalui usahanya Mangkokku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro