Suasana gedung DPR/MPR RI jelang Sidang MPR Tahun 2023 di Jakarta, Rabu (16/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Entertainment

12 Artis yang Masih Duduk di Kursi DPR RI 2024 - 2029

Mutiara Nabila
Rabu, 28 Agustus 2024 - 10:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Deretan artis sudah tak asing lagi terjun ke dunia politik, beberapa di antaranya bahkan berhasil terpilih masuk dalam anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Setelah lima tahun menjabat, serta telah terpilih calon-calon anggota DPR baru, mereka yang telah menjabat sejak 2019 bakal mundur digantikan dengan yang baru.

Namun, ada pula beberapa di antaranya yang melanjutkan jabatan dari dapil lainnya. Pada 2019 lalu, ada 13 artis yang terpilih sebagai wakil rakyat. Sementara tahun ini ada 22 artis.

Dari sederet artis yang menjabat sebagai anggota DPR 2019-2024, hanya Kris Dayanti yang bakal mengakhiri masa jabatannya. Pasalnya, wanita yang kerap disapa KD itu gagal memenangkan kontestasi dalam Pileg 2024 di Dapil Jawa Timur V.

Sementara artis lainnya bakal lanjut melenggang di Senayan.

Berikut ini daftar artis yang bakal melanjutkan jabatannya sebagai anggota DPR

1. Tommy Kurniawan

Artis sinetron Tommy Kurniawan bakal lanjut jadi anggota dewan yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat V untuk masa jabatan lima tahun ke depan. Pada pemilu 2024, Tommy mengantongi 100.656 suara.

2. Eko Patrio

Artis dan pelawak dengan nama asli Eko Hendro Purnomo itu juga bakal kembali menjabat sebagai anggota DPR dari dapil yang sama dengan periode sebelumnya, di Dapil DKI Jakarta I. Di pileg tahun ini, dia memperoleh 93.673 suara

3. Desy Ratnasari

Artis pelantun lagu "Tenda Biru" ini juga bakal lanjut melenggang di Senayan untuk periode lima tahun mendatang. Desy menag di Dapil lamanya, Jawa Barat IV dengan perolehan suara 78.306.

4. Dede Yusuf

Pria dengan nama asli Dede Yusuf Macan Effendi juga kembali terpilih di Dapil lamanya, Jawa Bawat II. Dia menang dengan mengantongi 210.179 suara.

5. Primus Yustisio 

Aktor yang sudah jarang tampil di televisi ini kembali diusung oleh PAN di Dapil Jawa Barat V dan menang denvan 128.892 suara tahun ini, melanjutkan keberhasilannya lima tahun lalu.

6. Rieke Diah Pitaloka 

Rieke Diah Pitaloka, yang terkenal karena perannya sebagai Oneng di 'Bajaj Bajuri' ini juga akan melanjutkan perannya sebagai anggora dewan. Dia menang dengan 94.201 suar setelah diusung PDIP di Dapil Jawa Barat VII, yang juga merupakan dapil lamanya.

7. Arzetti Bilbina

Mantan model dan bintang sinetron Arzetty Bilbina, jugq kembali menjadi anggota dewan yang diusung PKB dari Dapil Jawa Timur I, setelah mendapat 62.790 suara

8. Rano Karno 

Artis pemeran utama sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" ini juga kembali terpilih sebagai anggota dewan di Dapil Banten III tahun ini setelah diusung oleh PDIP dengan perolehan 149.397 suara.

9. Nurul Arifin

Mantan bintang sinetron "Naga Bonar", Nurul Arifin juga akan melanjutkan jabatan sebagai anggota DPR dari Partai Golkar, mewakili Dapil Jawa Barat I dengan perolehan 63.203 suara.

10. Rachel Maryam

Artis dengan nama lengkap Rachel Maryam Sayidina juga akan kembali majj sebagai anggota dewan daru Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan perolehan 114.749 suara di Dapil Jawa Barat II.

11. Nico Siahaan

Artis dan presenter olahraga Junico B.P. Siahaan atau dikenal dengan nama panggung Nico Siahaan juga kembali melenggang di Senayan dari partai PDIP untuk Dapil Jawa Barat I setelah memperoleh 50.516 suara.

12. Mulan Jameela

Penyanyi Mulan Jameela juga bakal melanjutkan jabatannya setelah lima selama lima tahun terakhir menjadi anggota DPR RI dari Partai Gerindra. Tahun ini Mulan lolos dengan perolehan 83.526 suara dari Dapil Jawa Barat XI.

Selain 12.artis yang lanjut menjabat ini, ada pula beberapa artis yang bakal mulai debut sebagai anggota sebagai berikut

- Once Mekel

- Uya Kuya

- Melly Goeslaw

- Denny Cagur

- Verrel Bramasta

- Nafa Urbach

- Ashraff Abu

- Ahmad Dhani

- Moreno Soeprapto

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro