Tips sehat saat musim panas di bulan puasa/Freepik
Health

10 Tips Sehat Saat Berpuasa di Musim Panas

Redaksi
Kamis, 21 Maret 2024 - 19:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang yang berpuasa pada musim panas akan lebih banyak kehilangan cairan dalam tubuhnya, oleh karena itu wajib memperhatikan gaya hidup serta pola makan agar tubuh tetap kuat dan sehat selama melaksanakan puasa. 

Cuaca panas yang ekstrim akan mempengaruhi daya tahan tubuh ketika berpuasa yakni dapat membuat tubuh menjadi lemas selama berpuasa sehingga dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan.

Memperhatikan kesehatan tubuh baik dalam maupun luar menjadi kunci untuk menciptakan tubuh yang sehat selama berpuasa.

Simak 10 tips sehat menjaga stamina tubuh saat berpuasa di musim panas:

1. Mengonsumsi buah beri

Pola makan akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh selama musim panas terutama ketika berpuasa, jika pola makan yang dijalani tidak sehat maka tubuh akan lebih rentan terkena penyakit.

Dilansir dari pharmeasy.in, Kamis (21/3/2024) mengonsumsi buah beri sangat dianjurkan saat musim panas karena dapat membantu tubuh untuk mendapatkan cairan.

Mulai sekarang cobalah untuk menambahkan buah beri dalam hidangan berbuka atau sahur, buah ini mempunyai kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi selama berpuasa.

Berikut buah beri yang dapat dikonsumsi 

1. Bluberi

2. Rasberi

3. Gooseberry atau amla


2. Mengonsumsi air kelapa

Saat berpuasa saat musim panas, akan  membuat tubuh lebih banyak kehilangan cairan, sehingga menyebabkan tubuh dehidrasi. Ketika sudah mengalami dehidrasi saat berpuasa akan membahayakan tubuh yakni tekanan darah menurun sehingga akan merasakan sakit pada bagian kepala dan lemas dalam beraktivitas.

Mulai sekarang cobalah mengonsumsi air kelapa saat berbuka atau sahur, kandungan vitamin dan mineral dalam air kelapa dapat meningkatkan energi dan menjaga kadar elektrolit sehingga tubuh tetap terhidrasi dan tidak kehilangan cairan selama melakukan puasa.


3. Mengonsumsi buah 

Beberapa jenis buah sangat bagus apabila dikonsumsi ketika berpuasa di musim panas, kandungan vitamin dan mineral dari beberapa buah yang dikonsumsi dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan menjaga kekebalan tubuh selama melakukan puasa.

Dilansir dari rrh.org, berikut buah yang dapat dikonsumsi saat berpuasa di musim panas

1. Semangka

2. Persik

3. Plum

4. Ceri

5. Nekratin

6. Buah tin


4. Hindari minuman berkafein

Tubuh dapat lebih cepat mengalami dehidrasi saat musim panas, mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi atau teh akan membuat tubuh lebih mudah kehilangan cairannya dan menyebabkan dehidrasi tubuh yang parah saat berpuasa.

Mulai sekarang cobalah untuk menghindari minuman berkafein selama berbuka dan sahur agar tubuh tetap terhidrasi dengan sempurna sehingga aktivitas yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.


5. Istirahat yang cukup 

Berpuasa saat musim panas menjadikan tubuh lebih cepat lemas dibandingkan biasanya, apabila tidak mendapatkan penanganan yang tepat maka tubuh akan mengalami gejala yang buruk seperti pusing hingga tidak sadarkan diri.

Istirahat yang cukup dengan memperhatikan jam tidur dengan benar dapat membantu tubuh mendapatkan energinya kembali sehingga tubuh dapat beraktivitas dengan kuat selama berpuasa meskipun dengan cuaca yang sangat panas.

6. Melakukan aktivitas fisik

Menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa tidak hanya dilakukan melalui makanan yang dikonsumsi saja akan tetapi harus siimbangi dengan aktivitas fisik yang sehat. Olahraga yang tepat dapat menjaga tubuh agar terhindar dari segala macam penyakit, namun agar tidak dehidrasi selama puasa berpuasa penting untuk memperhatikan durasi waktu selama olahraga. 

Berikut waktu yang tepat melakukan olahraga selama berpuasa

1. Sebelum sahur

2. 1 jam sebelum berbuka puasa

3. Setelah buka puasa

4. Sebelum tidur


Olahraga yang dapat dilakukan saat puasa di musim panas

1. Berenang

2. Jalan cepat

3. Bersepeda


7. Menjaga kebersihan peralatan yang digunakan

Ketika berpuasa saat musim panas maka akan lebih mudah terkena penyakit hanya melalui makanan yang dikonsumsi untuk itu wajib memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsi salah satunya melalui peralatan yang digunakan.

Berikut ini tips dalam menjaga kebersihan makanan

1. Jangan pernah meninggalkan makanan dibawah sinar matahari lebih dari dua jam

2. Gunakan talenan terpisah untuk memotong daging mentah dan sayuran 

3. Pastikan untuk mencuci bersih segala peralatan makan telah digunakan

4. Selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan

5. Jika ingin mengolah daging maka masaklah dengan suhu yang tepat agar daging dapat matang dengan sempurna


8. Gunakan tabir surya sebelum keluar

Saat berpuasa di musim panas maka kulit akan jauh lebih kering dibanding biasanya karena tubuh kehilangan beberapa cairannya sehingga menimbulkan dampak yang kurang baik pada kesehatan kulit wajah yakni seperti kulit iritasi atau kulit terbakar.

Mulai sekarang cobalah untuk menggunakan tabir surya sebelum keluar melakukan aktivitas, menggunakan tabir surya dapat membantu dalam menjaga kulit dari paparan sinar matahari. 

Dilansir dari optum.com, penggunaan tabir surya untuk diluar ruangan dianjurkan dengan nilai SPF 30 atau lebih tinggi dari itu.


9. Menggunakan vitamin C untuk perawatan kulit

Kulit akan jauh lebih sensitif ketika musim panas khususnya saat seseorang melakukan puasa. Menggunakan tabir surya saja tidak cukup dalam upaya menjaga kesehatan kulit, Anda juga membutuhkan vitamin C untuk memberikan perlindungan bagi kulit wajah.

Penggunaan vitamin C akan membantu kulit melawan tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari yakni seperti bintik hitam, warna kulit tidak merata, dan garis halus pada wajah.

Mulai sekarang cobalah untuk memakai serum yang mempunyai kandungan vitamin C didalamnya agar kulit tetap mendapatkan perawatan yang maksimal dan tetap terhidrasi selama musim panas.


10. Menggunakan kacamata hitam

Cuaca panas yang ekstrim dapat mengganggu penglihatan dan kesehatan mata. Jika penglihatan mata mengalami masalah maka akan mengganggu aktivitas yang dilakukan saat berpuasa.

Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata salah satunya yakni melalui pencegahan eksternal dengan menggunakan kacamata hitam saat melakukan aktivitas yang lama diluar ruang. 

Mulai sekarang cobalah untuk menggunakan kacamata hitam untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari sinar UVA dan UVB 99% hingga 100%. (Nur Afifah Azahra Aulia)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro