Tips sehat saat musim panas di bulan puasa/Freepik
Health

10 Tips Sehat Saat Berpuasa di Musim Panas

Redaksi
Kamis, 21 Maret 2024 - 19:50
Bagikan

6. Melakukan aktivitas fisik

Menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa tidak hanya dilakukan melalui makanan yang dikonsumsi saja akan tetapi harus siimbangi dengan aktivitas fisik yang sehat. Olahraga yang tepat dapat menjaga tubuh agar terhindar dari segala macam penyakit, namun agar tidak dehidrasi selama puasa berpuasa penting untuk memperhatikan durasi waktu selama olahraga. 

Berikut waktu yang tepat melakukan olahraga selama berpuasa

1. Sebelum sahur

2. 1 jam sebelum berbuka puasa

3. Setelah buka puasa

4. Sebelum tidur


Olahraga yang dapat dilakukan saat puasa di musim panas

1. Berenang

2. Jalan cepat

3. Bersepeda


7. Menjaga kebersihan peralatan yang digunakan

Ketika berpuasa saat musim panas maka akan lebih mudah terkena penyakit hanya melalui makanan yang dikonsumsi untuk itu wajib memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsi salah satunya melalui peralatan yang digunakan.

Berikut ini tips dalam menjaga kebersihan makanan

1. Jangan pernah meninggalkan makanan dibawah sinar matahari lebih dari dua jam

2. Gunakan talenan terpisah untuk memotong daging mentah dan sayuran 

3. Pastikan untuk mencuci bersih segala peralatan makan telah digunakan

4. Selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan

5. Jika ingin mengolah daging maka masaklah dengan suhu yang tepat agar daging dapat matang dengan sempurna


8. Gunakan tabir surya sebelum keluar

Saat berpuasa di musim panas maka kulit akan jauh lebih kering dibanding biasanya karena tubuh kehilangan beberapa cairannya sehingga menimbulkan dampak yang kurang baik pada kesehatan kulit wajah yakni seperti kulit iritasi atau kulit terbakar.

Mulai sekarang cobalah untuk menggunakan tabir surya sebelum keluar melakukan aktivitas, menggunakan tabir surya dapat membantu dalam menjaga kulit dari paparan sinar matahari. 

Dilansir dari optum.com, penggunaan tabir surya untuk diluar ruangan dianjurkan dengan nilai SPF 30 atau lebih tinggi dari itu.


9. Menggunakan vitamin C untuk perawatan kulit

Kulit akan jauh lebih sensitif ketika musim panas khususnya saat seseorang melakukan puasa. Menggunakan tabir surya saja tidak cukup dalam upaya menjaga kesehatan kulit, Anda juga membutuhkan vitamin C untuk memberikan perlindungan bagi kulit wajah.

Penggunaan vitamin C akan membantu kulit melawan tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari yakni seperti bintik hitam, warna kulit tidak merata, dan garis halus pada wajah.

Mulai sekarang cobalah untuk memakai serum yang mempunyai kandungan vitamin C didalamnya agar kulit tetap mendapatkan perawatan yang maksimal dan tetap terhidrasi selama musim panas.


10. Menggunakan kacamata hitam

Cuaca panas yang ekstrim dapat mengganggu penglihatan dan kesehatan mata. Jika penglihatan mata mengalami masalah maka akan mengganggu aktivitas yang dilakukan saat berpuasa.

Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata salah satunya yakni melalui pencegahan eksternal dengan menggunakan kacamata hitam saat melakukan aktivitas yang lama diluar ruang. 

Mulai sekarang cobalah untuk menggunakan kacamata hitam untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari sinar UVA dan UVB 99% hingga 100%. (Nur Afifah Azahra Aulia)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro