Ilustrasi koper travel. Penumpang diimbau untuk cek aturan bagasi kabin pesawat sebelum mudik Lebaran 2024./ Dok. AirAsia
Travel

Cek Aturan Bagasi Kabin Pesawat Sebelum Mudik Lebaran 2024

Rio Sandy Pradana
Minggu, 24 Maret 2024 - 05:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia AirAsia mengimbau para penumpang untuk mengetahui aturan bagasi kabin pesawat sebelum mudik Lebaran 2024.

Head of Government Relations and Corporate Communication Indonesia AirAsia, Eddy Krismeidi mengatakan momen mudik Lebaran terjadi pada periode 3-18 April 2024.

“Indonesia AirAsia kembali mengingatkan para penumpang untuk mematuhi ketentuan bagasi kabin yang hanya bisa membawa tas atau barang bawaan dengan berat maksimal 7 kg saja per orang," katanya dalam siaran pers, dikutip Sabtu (23/3/2024).

Dia menuturkan jika barang bawaan melebihi dari berat yang ditentukan, penumpang dianjurkan untuk memasukkannya ke dalam bagasi terdaftar melalui konter check in di bndara keberangkatan. Adapun, biaya bagasi tambahan akan disesuaikan dengan kelebihan berat bawaan.

Menurut Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. PM 30/2021 tentang Standar Pelayanan Minimal Penumpang Angkutan Udara menentukan bahwa bagasi kabin untuk pesawat jet dan pesawat propeller di atas 30 tempat duduk dengan berat 7 kilogram serta barang pribadi dengan ukuran, berat dan jenis sesuai dengan ketentuan maskapai

Eddy menambahkan Indonesia AirAsia pun patuh dan tunduk pada peraturan yang telah ditetapkan tersebut. Hal ini juga akan berdampak pada keamanan dan kenyamanan penumpang selama penerbangan, dimana proses pemeriksaan keamanan akan lebih cepat, penumpang akan mendapatkan ekstra ruangan untuk penyimpanan serta jam keberangkatan yang tepat waktu.

Aturan Bagasi Kabin Pesawat Mudik Lebaran

  1. Berat total barang bawaan maksimal 7 kg
  2. Kombinasi 1 tas atau barang bawaan + 1 tas kecil = maksimal 7 kg
  3. Untuk tas atau barang bawaan pertama memiliki ukuran 56 cm x 23 cm x 36 cm
  4. Untuk tas kecil tidak boleh melebihi ukuran 40 cm x 30 cm x 10 cm

Petugas akan melakukan pengecekan setiap bagasi kabin yang dibawa oleh penumpang saat keberangkatan untuk memastikan tas atau barang bawaan tidak melebihi berat maksimal yang telah ditentukan.

Adapun, bagi penumpang yang memiliki kelebihan berat barang bawaan namun tetap ingin memasukkan ke dalam kabin, Indonesia AirAsia memberikan opsi tambah produk add on 7 kg Xtra Carry-On dengan berat keseluruhan barang bawaan maksimal 14 kg.

Xtra Carry-On bisa didapatkan dengan melakukan pembelian langsung bersamaan dengan tiket pesawat melalui aplikasi AirAsia MOVE (dahulu AirAsia Superapp) dan situs airasia.com. Xtra Carry-On memiliki persediaan terbatas dan hanya berlaku di penerbangan rute Internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro