Es buah yang bercampur dengan timun suri/ Cookpad
Health

Simak Kandungan Nutrisi di Timun Suri

Redaksi
Sabtu, 30 Maret 2024 - 21:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ramadan selalu memiliki serba-serbi yang unik dan menjadi ciri khas setiap tahunnya. Timun suri menjadi buah yang muncul saat bulan puasa.

Ramadan juga dikenal dengan berbagai macam sajian makanan dan minuman yang menggugah selera. Berbicara mengenai sajian, salah satu minuman yang sangat familiar di bulan puasa Ramadan adalah es buah.

Es buah dibuat dengan beraneka ragam buah, jelly, dan lainnya. Buah yang menjadi ciri khas dan paling banyak dikonsumsi saat Ramadan adalah timun suri.

Timun suri merupakan salah satu buah yang masuk kedalam keluarga buah melon. Nama latin dari timun suri adalah Cucumis melo L. var. reticulatus Naudin. Buah yang satu ini memiliki citarasa yang khas dan. cocok dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan es maupun menu lainnya.

Tidak hanya itu, kandungan yang dimiliki oleh timun suri ini tergolong baik bagi kesehatan. Melansir dari blog.halalin.co, dalam 100 gr timun suri, kandungan yang terdapat didalamnya adalah:

- Air: 96,32 gr

- Protein: 1,26 gr

- Lemak: 0,04 gr

- Karbohidrat: 2,09 gr

- Kalsium: 768 mg

- Besi: 0,20 mg

- Serat: 0,89 mg

- Vitamin C: 24,86 mg

- Kalium: 1008 mg

- Fosfor: 422 mg


Kandungan serat yang ada di dalam timun suri akan memperlancar sistem pencernaan, dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Timun suri tidak hanya diperkaya dengan kandungan zat besi saja, kandungan nutrisi, fosfor, antioksidan yang ada didalamnya sangat membantu mengoptimalkan sistem kerja pada tubuh. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro