8 Makanan Khas Lebaran di Indonesia  BISNIS/Indra Gunawan.
Kuliner

8 Makanan Khas Lebaran di Indonesia

Redaksi
Senin, 1 April 2024 - 15:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Saat memasuki hari lebaran atau Idulfitri, berbagai makanan dihidangkan untuk menemani acara silaturahmi. Mulai dari makanan bercita rasa gurih hingga pedas tersaji lengkap di meja makan.

Bisa dikatakan hidangan itu identik dengan perayaan lebaran. Sajian makanan saat lebaran sangat bervariasi, mulai dari makanan berkuah, goreng, dan tumis. Sebut saja opor ayam dan rendang yang tidak pernah absen di hari kemenangan itu.

Ada beberapa makanan yang selalu jadi primadona saat lebaran tiba, yakni:
1. Sayur Labu Siam
Sayur ini tampaknya menjadi hidangan yang tidak pernah absen dari kuliner khas lebaran. Dari namanya sudah diketahui bahwa santapan ini berbahan dasar labu siam yang dimasak dengan perpaduan bumbu halus merah dan kuah santan. Saat ingin disantap, sayur labu siam biasanya ditaburi bawang goreng, kerupuk, dan sambal. Tak hanya itu, ketupat atau lontong merupakan pendamping utama pada menu ini.

2. Ketupat
Rasanya tak afdol bila lebaran tidak memakan ketupat. Pasalnya, pada momen lebaran ketupat seolah menjadi pengganti nasi untuk dipadukan dengan berbagai menu, seperti opor ayam. Kondimen satu ini terbuat dari beras yang dimasukan kedalam anyaman daun kelapa muda dan dikukus atau direbus agar nasi matang sempurna.

3. Opor Ayam
Opor ayam merupakan menu yang digandrungi anak-anak saat lebaran karena tidak memiliki rasa pedas. Makanan khas jawa ini menggunakan ayam negeri atau ayam kampung sebagai kondimen utamanya, kemudian dimasak dengan bumbu kuning berkuah santan. Opor ayam memiliki rasa dominan gurih dan asin karena perpaduan kuah santan dengan ayam.

4. Rendang
Siapa yang tidak suka rendang? Rasanya sangat jarang orang yang tidak menyukai makanan khas Minangkabau ini. Rendang biasanya menggunakan daging sapi bagian paha bagian luar karena bisa tidak mudah hancur saat proses perebusan. Rendang direbus bersama bumbu yang kaya akan rempah seperti cabai, lada, kemiri, jinten, kapulaga, dan bumbu khas Sumatera Barat lainnya, sehingga rendang memiliki cita rasa otentik. Bahkan, rendang berada di posisi pertama sebagai makanan terenak di dunia.

5. Semur Daging
Tidak jauh berbeda dengan rendang, semur daging berbahan dasar utama daging sapi yang diolah bersama bumbu khas masakan Jawa. Tak ayal semur daging biasanya memiliki rasa cenderung manis gurih.

6. Kacang Goreng
Jika Anda berkunjung kerumah kerabat dan saudara saat lebaran, kacang goreng menjadi camilan untuk menemani obrolan. Kacang goreng memiliki rasa cenderung asin dan gurih. Namun, kacang ini juga biasanya jadi kondimen pelengkap menu lainnya saat ingin disantap.

7. Gulai Nangka
Gulai nangka dan Sayur labu siam mempunyai cita rasa khas yang tidak begitu berbeda. Kondimen utama gulai nangka adalah nangka muda yang dipotong kotak-kotak dan dimasak dengan santan atau susu. Selain itu, sayur ini juga berisikan irisan daging sapi atau kambing untuk memberikan sensasi kelezatan saat dinikmati selagi hangat.

8. Rawon
Rawon biasanya dihidangkan oleh masyarakat Jawa Timur. Bahan utama pembuatan rawon adalah daging sapi. Rawon memiliki rasa cenderung manis, asin, dan gurih yang disandingkan dengan kecambah, potongan telur, daun bawang, dan sambal. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro