Ilustrasi-Yogurt/Thetimes.co.uk
Health

Ini 7 Jenis Makanan dan Minuman Redakan Radang Tenggorokan

Redaksi
Senin, 1 April 2024 - 09:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Belakangan ini masyarakat banyak masyarakat yang terdampak penyakit radang tenggorokan. Penyakit ini ditimbulkan oleh adanya perubahan cuaca yang tidak menentu dan didukung oleh adanya kualitas daya tahan tubuh yang menurun.

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, alergi, bakteri, dan iritasi pada area tenggorokan. Pengobatan yang diberikan juga harus bersifat optimal, supaya segala virus maupun iritasi yang terjadi pada area tenggorokan dapat teratasi dengan baik.

Untuk mengatasi hal tersebut, dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. Makanan dan minuman yang memiliki nilai gizi tinggi tersebut, membantu proses pendinginan serta menetralisir sakit pada tenggorokan.

Dilansir dari verywellhealth.com, simak cara meredakan radang tenggorokan:

1. Konsumsi yogurt dan smoothies

Yogurt dan smoothies termasuk kedalam jenis soft food yang baik dikonsumsi saat Anda menderita radang tenggorokan. Kandungan yang dimiliki yogurt dan smoothies dari buah segar berupa vitamin, serat, dan mineral akan membantu mengurangi peredaran radang di area tenggorokan tersebut.

Buah yang digunakan dalam pembuatan smoothies tentunya memiliki nilai gizi yang sangat baik untuk mencegah berbagai penularan penyakit, serta meningkatkan daya tahan tubuh secara optimal. Anda dapat mengonsumsi smoothies yang berasal dari:

· Pisang

· Alpukat

· Frozen berries

· Yogurt

· Susu

2. Konsumsi teh

Teh memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh. Kandungan antioksidan ini sangat baik untuk mencegah beberapa risiko penyakit dan mampu menangkal segala radikal bebas pada tubuh.

Ketika Anda mengalami radang tenggorokan, maka Anda membutuhkan minuman yang dapat menghangatkan tenggorokan serta tubuh lainnya. Teh menjadi salah satu alternatif yang tepat, dan dapat dikombinasikan dengan permen jahe, kunyit, dan lainnya untuk memberikan efek meredakan di sekitar area tenggorokan.


3. Mengonsumsi makanan yang lembut

Radang tenggorokan akan membuat nyeri pada area sekitar tenggorokan yang disebabkan oleh adanya infeksi dan iritasi. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang lembut, supaya tidak terjadi gesekan yang fatal pada area tenggorokan.

Selain itu, dengan mengonsumsi makanan yang lembut, akan membuat tubuh Anda tetap terisi dengan bahan makanan yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Anda dapat mengonsumsi bubur, kentang rebus, dan labu kukus.


4. Konsumsi es secara cukup

Mungkin sebagian dari Anda berpikiran bahwa saat mengalami radang tenggorokan dilarang untuk mengonsumsi es. Dalam dunia medis dikatakan bahwa konsumsi es saat radang tenggorokan dapat membantu melancarkan dan meredakan nyeri pada area tenggorokan.

Anda dapat mengonsumsi ice cream, sorbet, maupun lainnya yang dapat dikonsumsi saat dingin dan memiliki tekstur yang lembut. Namun, jumlah porsi dan waktu untuk mengonsumsinya harus diperhatikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

5. Konsumsi sup 

Sup merupakan jenis makanan yang terbuat dari sayuran dan kaldu. Sayuran memiliki berbagai kandungan yang baik bagi tubuh. Sebagai sumber energi, dan pelengkap gizi, sup dapat dikonsumsi saat Anda mengalami radang tenggorokan.

Dikonsumsi dalam kondisi yang hangat dengan berbagai bumbu dan rempah yang khas, membuat siapapun yang mengonsumsinya akan merasa sensasi nikmat dan hangat yang menyelimuti sekitar tubuh.


6. Konsumsi air putih secara rutin

Air putih memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Semakin banyak konsumsi air putih, maka kesehatan dapat terjaga dengan baik.

Ketika Anda mengalami radang tenggorokan, hal utama yang harus dilakukan secara rutin adalah mengonsumsi air putih secara cukup sebanyak 2 liter perhari. Air putih yang akan membantu mengurangi rasa nyeri dan perih karena keringnya area tenggorokan di dalam tubuh.


7. Konsumsi madu

Konsumsi madu dapat membantu mengatasi segala virus, bakteri, dan infeksi yang terjadi di sekitar area tenggorokan. Madu dapat dicampurkan bersamaan dengan air hangat. Cukup larutkan 1 sdm madu dalam satu gelas air hangat, lalu minum secara berkala hingga tenggorokan terasa lega.

Madu juga sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Jadi, Anda dapat memelihara kesehatan pada area tenggorokan dan sistem pencernaan dapat berjalan dengan baik sesuai fungsinya.

Selain mencegah, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari saat mengalami tenggorokan, yaitu:

1. Konsumsi alkohol

2. Konsumsi snack atau makanan kering

3. Konsumsi makanan pedas

4. Konsumsi susu yang terlalu banyak

5. Konsumsi minuman yang asam

Kelima hal tersebut sangat dihindari karena akan memperburuk kondisi tenggorokan. Hal ini akan berakibat fatal apabila sakit tenggorokan tidak diobati dengan baik.

Maka dari itu, opsi yang tepat selain berobat adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman, yang mampu mengatasi radang tenggorokan dengan baik serta versi low budget di kalangan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro