25 Negara di Asia Paling 'Dibanjiri' Turis, Indonesia Nomor 4/setkab.go.id
Travel

25 Negara di Asia Paling 'Dibanjiri' Turis, Indonesia Nomor 4

Mutiara Nabila
Selasa, 2 April 2024 - 14:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama pandemi ini, industri pariwisata secara global begitu menderita. Pemberlakuan pembatasan perjalanan internasional secara drastis mengurangi jumlah kedatangan wisatawan

Namun, industri ini mulai bisa berangsur-angsur pulih dan diperkirakan akan kembali ke tingkat sebelum pandemi pada 2024. 

Menurut laporan Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO), total penerimaan pariwisata internasional pada 2023 mencapai US$1,4 triliun yang berarti sudah 93% pulih dibandingkan dengan tingkat sebelum pandemi.  

Pada 2019, penerimaan wisatawan internasional mencapai US$1,5 triliun. 

Tren serupa juga terlihat pada total pendapatan ekspor dari pariwisata. Pada 2019, total pendapatan ekspor dari pariwisata bernilai US$1,7 triliun dan telah meningkat sebesar 95% hingga mencapai US$1,6 triliun pada 2023. 

Tingkat pariwisata yang optimis menunjukkan bahwa pasar pariwisata global dan Asia siap untuk segera mencapai tingkat sebelum pandemi.

Ketika destinasi dibuka kembali untuk wisatawan, pasar pariwisata Asia dan Pasifik kembali ke 65% dari tingkat sebelum pandemi pada 2023. Namun, kinerja sektor pariwisata belum seragam di seluruh kawasan.  

Asia Selatan mampu memperoleh kembali 87% tingkat pariwisata dibandingkan dengan pada 2019, sedangkan Asia Timur Laut hanya pulih sekitar 55%.

Berikut ini, 25 negara yang paling banyak dikunjungi di Asia Pasifik tahun ini berdasarkan data UNWTO dengan data lengkapnya sampai dengan 2021:

25. Kepulauan Cook

Jumlah Kedatangan Wisatawan per Tahun: 30.000 

Kepulauan Cook terletak di Samudera Pasifik Selatan.  Kepulauan Cook adalah negara kepulauan dengan pemerintahan sendiri yang menjalin hubungan bebas dengan Selandia Baru. Negara kepulauan ini terdiri dari 15 pulau.  Kepulauan Cook memiliki beragam kehidupan tumbuhan dan hewan dan merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di Asia dan Samudra Pasifik.

24. Fiji

Jumlah Kedatangan Wisatawan per Tahun: 30.000 Juta

Fiji terletak di Samudera Pasifik Selatan. Terdiri dari sekitar 300 pulau dan 540 pulau kecil. Fiji terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan biota lautnya yang beragam. Pariwisata memainkan peran penting dalam perekonomian Fiji. Coral Coast dan Museum Fiji adalah beberapa tempat terpenting di negara ini. Pada 2021, sekitar 30.000 orang mengunjungi negara indah ini.

23. Mongolia

Jumlah Kedatangan Wisatawan per Tahun: 30.000

Mongolia adalah negara terkurung daratan yang terletak di Asia Timur dan Asia Tengah. Ibu kota dan kota terbesar Mongolia adalah Ulan Bator, yang merupakan rumah bagi sekitar setengah populasi negara tersebut. 

Pada 2021, 30.000 orang mengunjungi Mongolia. Taman Nasional Gorkhi-Terelj dan Gurun Gobi adalah salah satu atraksi paling populer di negara ini.

22. Guam

Jumlah Kedatangan Wisatawan per Tahun: 80.000

Guam adalah wilayah Amerika Serikat yang terorganisir dan tidak berhubungan yang terletak di subkawasan Mikronesia di Samudra Pasifik bagian barat. Ibu kota Guam adalah Hagåtña.  

Pulau ini menawarkan berbagai macam kegiatan, termasuk menyelam dan snorkeling kelas dunia.  Masakan Guam merupakan perpaduan pengaruh Asia, Spanyol, dan Pulau Pasifik, dengan hidangan termasuk barbekyu Chamorro dan nasi merah.

21. Polinesia Perancis

Jumlah Kedatangan Wisatawan per Tahun: 80.000

Polinesia Perancis adalah jajahan seberang laut Perancis yang terletak di Samudera Pasifik Selatan. Ini terdiri dari 121 pulau dan atol yang tersebar secara geografis. Pada 2021, sekitar 80.000 orang mengunjungi Polinesia Prancis.  Polinesia Prancis terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, termasuk perairan biru yang indah, dan puncak hijau lumut. Pulau Tahiti dan Bora Bora adalah salah satu tempat wisata paling populer.

20. Hongkong

Jumlah Kedatangan Wisatawan per Tahun: 90.000

Hong Kong adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di Asia dan Samudra Pasifik. Hong Kong adalah sebuah kota dan wilayah administratif khusus di China.  

Hong Kong adalah kota yang dinamis dengan warisan budaya yang kaya, perekonomian yang sibuk, dan populasi yang beragam. Pada 2021, sekitar 90.000 orang mengunjungi Hong Kong. Negara ini adalah pusat keuangan dan pusat perdagangan utama di Asia.

19. Malaysia

Jumlah Kedatangan Tahun Wisatawan per Tahun: 140.000

Malaysia adalah negara beragam yang terkenal dengan kekayaan budayanya, pemandangan alamnya yang menakjubkan, dan kotanya yang semarak. Beberapa tempat populer untuk dikunjungi di Malaysia antara lain Kuala Lumpur dan Penang. Negara ini menarik ribuan wisatawan setiap tahun dan jumlah pengunjung pada 2021 adalah sekitar 140.000 orang.

18. Bangladesh

Jumlah Kedatangan Wisatawan per Tahun: 140.000

Bangladesh adalah sebuah negara yang terletak di Asia Selatan. Museum Ahsan Manzil dan Rayer Bazar Bodhyo Bhumi adalah salah satu tempat wisata paling populer di negara ini. Negara ini memiliki budaya yang kaya dan beragam yang menarik banyak pengunjung setiap tahunnya.  Pada 2021, 140.000 orang mengunjungi Bangladesh.

17. Nepal

Jumlah Kedatangan Wisatawan per Tahun: 150.000

Nepal, yang secara resmi dikenal sebagai Republik Demokratik Federal Nepal, adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Asia Selatan. Terletak di Himalaya, Nepal memiliki geografi yang beragam, termasuk dataran subur, perbukitan berhutan subalpine, dan delapan dari sepuluh gunung tertinggi di dunia, termasuk Gunung Everest. Pada 2021, sekitar 150.000 wisatawan mengunjungi Nepal.

16. Vietnam

Jumlah Kedatangan Wisatawan per Tahun: 160.000

Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang kaya akan sejarah dan beragam budaya. Negara ini memiliki garis pantai yang panjang di sepanjang Laut Cina Selatan.  

Keindahan alam Vietnam, keanekaragaman satwa liar, dan warisan budaya menarik wisatawan dari seluruh dunia.  Pemerintah telah mendirikan taman dan cagar alam untuk melindungi satwa liarnya. Pada 2021 sekitar 160.000 orang mengunjungi negara ini.

15. Filipina

Jumlah Kedatangan Wisatawan per Tahun: 160.000

Filipina adalah negara kepulauan di Asia Tenggara. Terdiri dari 7.641 pulau. Filipina terkenal dengan keindahan alamnya, termasuk kepulauan busur vulkanik dan kehidupan lautnya yang beragam. Teras Sawah Banaue, Gunung Berapi Mayon, dan Terumbu Karang Tubbataha adalah beberapa tujuan wisata paling populer di negara ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro