Orang sedang membaca hasil tes kolesterol/freepik
Health

Simak 10 Tips Mengatasi Kolesterol, Tanpa Obat

Redaksi
Kamis, 4 April 2024 - 10:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kolesterol diibaratkan sebagai zat lilin seperti lemak yang fungsinya dibutuhkan bagi tubuh manusia. Tubuh manusia membutuhkan kolesterol untuk mengoptimalkan kinerja pada tubuh dengan baik.

Sebagian orang berpikiran bahwa kolesterol itu jahat. Kolesterol dibagi menjadi dua jenis, yang pertama adalah low density lipoprotein (LDL) yang berupa kolesterol jahat pada tubuh. LDL ini yang akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis seperti jantung, masalah pada pembuluh darah, dan sebagainya.

Jenis kedua adalah high density lipoprotein (HDL), berupa kolesterol baik pada tubuh, sekaligus membantu menghilangkan kolesterol jahat yang dapat menghambat aliran darah. Jenis kolesterol ini yang akan membantu mengoptimalkan kinerja pada sistem peredaran darah manusia.

Tingginya angka kolesterol tidak dapat dikaitkan dengan usia. Banyak anak yang memasuki usia 20-an memiliki riwayat kolesterol karena adanya kebiasaan buruk dalam mengonsumsi makanan. Untuk itu, Anda perlu memahami beberapa tips untuk mengatasi kolesterol.

Dilansir dari healthpartners.com, tips mengatasi kolesterol:

1. Konsumsi makanan yang mengandung serat larut

Serat memiliki peran yang sangat baik bagi sistem pencernaan. Namun, serat tidak hanya berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan saja, melainkan baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

Konsumsi makanan yang mengandung serat dan dapat larut di dalam air. Serat ini yang akan membantu menurunkan kadar LDL dalam tubuh Anda. Adapun makanan yang mengandung serat larut adalah:

· Roti gandum

· Barley

· Lentil

· Buncis

· Kacang merah

2. Mengganti cemilan dengan buah

Manusia dapat mengonsumsi cemilan dalam jumlah yang tepat. Tidak salah jika Anda ingin konsumsi ciki. wafer, maupun kering. Namun, jumlah porsinya harus disesuaikan dengan baik dan tidak dikonsumsi setiap hari.

Hal ini dikarenakan makanan ringan seperti ciki, kue kering, dan sebagainya mengandung lemak yang tinggi dan jenuh. Jika dikonsumsi terus menerus akan mempengaruhi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Anda dapat mengganti cemilan tersebut dengan konsumsi buah-buahan yang sehat, diperkaya vitamin, antioksidan, serat, serta vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Buah yang cocok dijadikan cemilan adalah:

· Pisang

· Stroberi

· Alpukat

· Apel

· Jeruk

· Anggur

3. Konsumsi susu rendah lemak

Jika Anda ingin hidup lebih sehat, maka konsumsi makanan dan minuman yang rendah lemak. Hal ini yang akan membantu membangun kadar kolesterol yang sehat dan melancarkan sistem peredaran darah.

Ganti jenis susu maupun yogurt dengan produk yang memiliki kandungan lemak yang rendah. Mulailah hidup sehat dengan mengganti segala kebutuhan asupan yang masuk kedalam tubuh.

4. Konsumsi makanan yang sehat

Makanan sehat bukan berarti segalanya harus berkaitan dengan harga dan kualitas yang baik. Namun, Anda harus memperhatikan makanan dari penampilan, bahan yang digunakan, serta proses masak yang dilakukan.

Hindari makanan yang digoreng ataupun makanan yang mengandung minyak dalam jumlah yang banyak. Hal ini akan menyebabkan peningkatan lemak dalam tubuh dan menyumbat aliran darah.

5. Mengganti pemakaian margarin dengan minyak sehat

Sebagian orang merasa lebih sehat ketika mengonsumsi margarin daripada minyak goreng. Keduanya sama-sama jahat dan hanya menumpuk kadar lemak pada tubuh.

Opsi yang tepat adalah mengganti pemakaian minyak goreng dan margarin dengan minyak zaitun, minyak bunga matahari, dan lainnya yang lebih sehat bagi kesehatan tubuh.

6. Menjadi vegetarian 1 kali dalam seminggu

Vegetarian merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dengan cara mengganti kadar protein yang masuk ke dalam tubuh. Menghindari daging dan mengganti semua jenis makanan dengan sayuran.

Opsi ini menjadi salah satu hal yang cukup tepat untuk menciptakan hidup sehat serta mengatasi kolesterol jahat pada tubuh. Cobalah untuk menjadi vegetarian dan membuat rutinitas yang tepat untuk mengelola kesehatan dalam diri Anda.

7. Melakukan aktivitas setiap harinya

Menjaga kestabilan dan kesehatan pada tubuh, dapat dilakukan dengan beraktivitas secara cukup setiap harinya. Anda harus bergerak dan melakukan aktivitas untuk membakar lemak jahat dalam tubuh.

Tidak hanya itu, semakin sering Anda beraktivitas dan melakukan pergerakan, maka kadar HDL dalam tubuh dapat meningkat dengan baik. Hal ini yang akan berdampak baik bagi kesehatan jantung.

8. Melakukan konsultasi kepada dokter

Upaya yang dilakukan untuk menunjang kesehatan yang baik, tidak hanya dilakukan dengan cara menjaga pola makan, berolahraga, dan beraktivitas setiap hari. Namun, Anda juga harus melakukan konsultasi ke dokter secara rutin, untuk memastikan serta menerima saran terkait kegiatan lain yang menunjang kesehatan.

Lakukan konsultasi secara berkala, supaya Anda dapat menemukan ritme yang tepat untuk menerapkan pola hidup sehat.

9. Rutin membaca label nutrisi pada bungkus makanan

Label nutrisi dapat membantu banyak orang untuk melihat kandungan nutrisi, serta kandungan lain yang terdapat dalam 1 bungkus makanan tersebut.

Anda harus fokus dan teliti membaca label tersebut untuk melihat kandungan lemak ada di dalamnya. Sekiranya mengandung lemak yang banyak dan tidak baik bagi kesehatan, sebaiknya dikurangi bahkan dihindari penggunaannya untuk menjaga kadar kolesterol pada tubuh.

10. Konsumsi daging yang memiliki sedikit kandungan lemak jenuh

Daging merupakan santapan lezat yang disukai banyak orang. Namun, daging merah memiliki kadar LDL yang jahat bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan jenis daging dan cara pengolahannya supaya tidak berdampak buruk pada tubuh.

Anda dapat menggantinya dengan konsumsi ikan, yang memiliki banyak asam lemak omega-3 dan baik untuk menjaga kesehatan jantung, serta peningkatan HDL yang baik. Jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah:

· Ikan tuna

· Kerang, udang, dan kepiting

· Ikan salmon

· Ikan kerapu

Pahami 10 tips mengatasi kolesterol diatas, supaya Anda dapat terhindar dari peningkatan lemak jahat yang berdampak buruk bagi kesehatan. Mulailah menerapkan hidup sehat dan memperhatikan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. Karena kesehatan berasal dari diri sendiri, dan harus dioptimalkan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro