Usai Lebaran, seorang  perempuan lebih banyak mengonsumsi sayur dan makanan berserat./ilustrasi/Pxlfitness
Health

Tanpa Diet dan Stres, Simak Tips Sehat Pasca Lebaran

Redaksi
Selasa, 16 April 2024 - 17:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lebaran sudah berakhir, saatnya kembali beraktivitas seperti sediakala. Masyarakat akan kembali menyesuaikan pola hidup yang berbeda dari bulan sebelumnya.

Terlepas dari kewajiban berpuasa selama satu bulan, membuat banyak orang melakukan banyak penyesuaian yang tepat. Dari yang biasanya melakukan aktivitas secara normal, menjadi terbatas, hingga kembali normal setelah Lebaran.

Anda perlu melakukan beberapa kegiatan terkait pola hidup sehat seperti pola makan, olahraga, maupun kegiatan lainnya. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan tips yang tepat membangun hidup sehat pasca Lebaran.

Dilansir dari alborgdx.com, Selasa (16/4/2024) tips sehat pasca Lebaran yang tepat adalah dengan:

1. Ubah kebiasaan makan

Setelah berpuasa dan merayakan Lebaran, kondisi perut  dipenuhi dengan konsumsi makanan yang berlemak, mengandung santan, dan bahan lain yang cukup mengganggu kesehatan.

Untuk mengembalikan pola hidup sehat yang normal, maka dari itu Anda membutuhkan asupan makanan yang kaya nutrisi, vitamin, karbohidrat, dan vitamin yang seimbang. Sebaiknya Anda konsumsi sayuran hijau dan lauk pauk berupa ikan yang mampu  menjaga keseimbangan tubuh. Konsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan, supaya tubuh Anda lebih terjaga dari luar maupun dalam.

2. Ubah pola tidur

Selama berpuasa, jam tidur Anda akan terbagi oleh adanya waktu sahur. Umumnya, tubuh manusia harus beristirahat tidur minimal 8 jam sehari.

Ketika kembali ke waktu dan bulan yang berbeda dari bulan puasa, maka manfaatkan waktu tidur sebaik mungkin supaya energi Anda dapat terisi secara penuh dan aktivitas dapat berjalan secara normal.

Anda tidak perlu bangun lebih cepat untuk mempersiapkan sahur, karena Ramadan sudah selesai
Anda tidak perlu bangun lebih cepat untuk mempersiapkan sahur, karena Ramadan sudah selesai

3. Menjaga kesehatan emosional

Melewati fase bulan puasa, membuat banyak orang harus terbiasa menjaga kesehatan emosional dengan baik dari bulan sebelumnya. Mungkin saja, banyak diantara Anda yang merasa emosionalnya stabil, rileks, atau bahkan merasa tertekan dengan kegiatan sebelumnya.

Maka dari itu, Anda harus tampil secara baru dan bersinar setelah Lebaran, supaya kesehatan emosional jauh berkembang dan maju dari bulan sebelumnya.


4. Melakukan aktivitas fisik setiap harinya

Setelah perayaan Lebaran selesai, kegiatan lain akan tetap berjalan maju setiap hariya. Anda harus tetap berkegiatan seperti sedia kala dan terbiasa bergerak untuk melakukan aktivitas fisik. 

Setidaknya Anda harus melakukan aktivitas fisik selama 30 menit dalam sehari, supaya tubuh Anda dapat lebih terjaga dan melancarkan sistem peredaran darah serta otot di dalam tubuh.

Segera olahraga usai Lebaran
Segera olahraga usai Lebaran


5. Konsultasi rutin ke dokter

Pasca Lebaran berlangsung, orang yang memiliki riwayat penyakit berat harus menyesuaikan kebutuhan kesehatannya yang berbeda setelah bulan puasa. Maka dari itu, melakukan konsultasi terhadap dokter sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi kesehatan yang tepat, dan pengembalian dosis obat yang tepat setelah menjalankan puasa.

Anda dapat, berkonsultasi kepada dokter ahli yang tepat supaya kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik dan menghindari risiko yang dapat terjadi di masa yang akan datang. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro