Kenali penyebab kanker hati
Health

Tips Sehat, 5 Cara Mencegah Kanker Hati

Redaksi
Selasa, 16 April 2024 - 16:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker hati menjadi salah satu penyakit dengan jumlah penderita yang cukup banyak diantara jenis kanker lainnya untuk itu wajib mempunyai gaya hidup yang sehat agar dapat menurunkan risiko terjangkit penyakit ini. 

Orang yang sudah terkena kanker hati tentu akan mengalami berbagai masalah kesehatan, kondisi tersebut dapat terjadi akibat adanya penurunan kinerja pada hati akibat adanya pertumbuhan sel kanker didalam organ tersebut.

Dilansir dari tcc.sg, Selasa (16/4/2024) hati menjadi organ yang sangat penting dalam tubuh manusia yakni berguna untuk mendukung sistem metabolisme tubuh, detoksifikasi hingga menjadi tempat untuk penyimpanan vitamin.

Hati juga membantu dalam memperlancar kinerja organ lainnya untuk itu wajib menjadi kesehatan hati dengan benar agar kinerjanya tetap berjalan dengan sempurna.

Upaya yang dapat dilakukan dalam mencegah terkena penyakit kanker hati ini salah satunya yakni melalui gaya hidup yang sehat dengan memperhatikan asupan makanan, minuman serta aktivitas yang dijalani.

Simak tips mencegah terkena kanker hati:

1. Pertahankan pola makan seimbang

Gaya hidup yang sehat tidak bisa dilepaskan dari asupan makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh, asupan inilah yang akan nantinya mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan tidak terkecuali pada organ hati untuk itu wajib memiliki pola makan yang seimbang agar kinerja dan fungsi hati dapat berjalan dengan maksimal.

Menurut American Cancer Society, orang dengan obesitas bisa memiliki peluang jauh lebih tinggi terkena penyakit kanker hati dibandingkan dengan orang yang tidak menderita penyakit ini.

Mulai sekarang cobalah untuk menjalani dan mempertahankan pola makan seimbang dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan ikan berlemak.

2. Kurangi asupan alkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jangka waktu yang cukup lama akan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan dan dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti kerusakan pada sistem saraf, gangguan jantung, gangguan sistem reproduksi, menyebabkan darah tinggi hingga menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker hati. 

Alkohol yang dikonsumsi dan masuk dalam tubuh akan berubah menjadi zat asetaldehida, zat ini memang tidak berbahaya akan tetapi dapat berdampak buruk untuk kesehatan yakni dapat merusak DNA sehingga hati akan berpotensi lebih cepat terkena penyakit kanker karena terjadinya kerusakan sel didalamnya. 

Mulai sekarang cobalah untuk mengurangi konsumsi asupan alkohol agar dapat mempunyai tubuh yang sehat sehingga dapat terhindar dari segala penyakit berbahaya yang menyebabkan kematian seperti kanker hati.

3. Usahakan untuk tidak bergantung pada obat-obatan

Hati memainkan peran yang sangat penting dalam memecah berbagai jenis obat yang masuk kedalam tubuh manusia untuk itu apabila terlalu banyak obat-obatan yang dikonsumsi dan selalu bergantung terhadap jenis obat-obatan ini dalam jangka waktu yang lama akan berdampak buruk pada fungsi serta kinerja hati

Beberapa jenis obat dapat merusak sistem kinerja hati hingga memicu pertumbuhan sel kanker pada organ hati. Salah satu jenis obat tersebut yakni asetaminofen, apabila obat ini dikonsumsi dalam dosis melebihi anjuran yang diberikan maka akan menimbulkan kerusakan pada hati.

4. Menjaga berat badan yang sehat

Obesitas dan diabetes menjadi salah satu penyebab yang memicu timbulnya sel kanker pada organ hati untuk itu wajib menjaga berat badan yang sehat agar tubuh terhindar dari penyakit mematikan ini.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam upaya mendapatkan berat badan yang sehat salah satunya yakni dengan melakukan olahraga secara rutin setiap harinya dengan durasi waktu 15-30 menit dalam sehari. Olahraga yang dilakukan secara rutin akan berdampak baik pada kesehatan tubuh tidak terkecuali dalam meningkatkan kesehatan serta kinerja organ hati.  


Berikut rekomendasi olahraga yang dapat dilakukan 

1. Bersepeda

2. Jogging

3. Bulu tangkis

4. Jalan cepat

5. Lari


5. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur

Berkonsultasi dengan ahli kesehatan menjadi tips terakhir yang dapat dilakukan dalam upaya mencegah terkena penyakit hati. Melakukan pemeriksaan dapat membantu mengetahui tingkat kesehatan tubuh yang dimiliki yakni mulai dari penyakit apa saja yang dimiliki hingga bisa mendapatkan penanganan berupa solusi atas penyakit yang diderita untuk itu mulai sekarang cobalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur dan rutin.

Berikut kriteria kesehatan yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit kanker

1. Pengguna alkohol berat dengan sirosis

2. Hepatitis B dan C

3. Penderita Hemochromatosis herediter

(Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro