Anak-anak berenang di kolam renang/Hello Sehat
Health

Tips Sehat, Olahraga Ringan yang Bisa Turunkan Berat Badan Usai Lebaran

Novita Sari Simamora
Kamis, 11 April 2024 - 11:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan usai Lebaran maka bisa mencoba beberapa olahraga di bawah ini.

Lebaran atau Hari Raya Idulfitri identik dengan makanan enak seperti opor ayam, rendang, lontong, kue kering, dan minuman manis. Makanan tersebut akan sangat berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Simak 5 jenis olahraga ringan yang bisa menurunkan berat badan setelah Lebaran:

1. Berjalan Kaki

Olahraga yang paling sederhana tetapi efektif adalah berjalan kaki. Cobalah untuk berjalan kaki sekitar 30 menit, Anda bisa mulai dengan jalan santai di sekitar lingkungan rumah.

Lalu secara bertahap, Anda bisa meningkatkan durasi dan intensitasnya. Berjalan kaki bisa membakar kalori tanpa memberikan beban berlebih pada tubuh.

2. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga ringan yang menyenangkan dan bisa dilakukan di dalam menggunakan sepeda statis maupun di luar ruangan.

Cobalah bersepeda sekitar 60 menit. Anda bisa memilih bersepeda di sekitar komplek rumah atau juga bersepeda hingga ke lingkungan desa tetangga saat mudik.

3. Bermain Tenis Meja (Ping Pong)

Olahraga ini memungkinkan Anda untuk bergerak secara aktif dan melibatkan sebagian besar otot tubuh. Bermain tenis meja dapat meningkatkan keterampilan koordinasi dan ketepatan sambil membakar kalori dengan ringan.

4. Yoga

Yoga adalah olahraga ringan yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan.

Anda biisa mencoba latihan yoga seperti salutation to the sun (surya namaskar) dan pose-pose yang melibatkan perut, punggung, dan kaki dapat membantu membakar kalori sambil memberikan relaksasi bagi tubuh dan pikiran.

5. Renang

Renang adalah olahraga ringan yang efektif untuk membakar kalori tanpa memberikan tekanan berlebih pada persendian. Cobalah berenang selama 30 menit setiap hari.

Berenang bisa menyegarkan dan menyenangkan usai merayakan Lebaran. Berenang juga melibatkan hampir semua otot tubuh, sehingga membantu mempercepat proses penurunan berat badan.

Anda bisa mencoba di atas bisa sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Namun, Anda harus melakukan olahraga dengan konsisten dan ikuti pola makan seimbang untuk mencapai tujuan penurunan berat badan secara efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro