Manfaat kacang pistachio
Health

Ini 7 Jenis Kacang Protein Tinggi Aman Bagi Kesehatan Tubuh

Redaksi
Senin, 22 April 2024 - 14:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kacang menjadi salah satu camilan sehat yang dapat dikonsumsi karena memiliki banyak sekali manfaat didalamnya seperti kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Dilansir dari prevention.com dan bbcgoodfood.com, Senin (22/4/2024) mengonsumsi kacang dapat membantu dalam pengelolaan berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Simak 7 jenis kacang tinggi protein yang aman bagi kesehatan tubuh:

1. Kenari

Kenari menjadi salah satu jenis kacang yang aman dikonsumsi dan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh melalui kandungan yang dimilikinya.

Kenari memiliki kandungan seperti sifat antioksidan dan anti inflamasi, kedua sifat inilah yang sangat dibutuhkan tubuh dalam meningkatkan kesehatan kognitif dan kesehatan mental.

Penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengalami stres kemudian mengonsumsi kenari sebanyak 56 gram dalam sehari dapat meningkatkan suasana hati dan menjaga kesehatan usus jika dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

Jika ingin mengonsumsi jenis kacang ini direkomendasikan untuk menyimpannya di dalam lemari es karena kandungan omega 3 yang ada dikacang ini dapat membuatnya jauh lebih mudah teroksidasi dan rusak dibandingkan jenis kacang lainnya.

Satu porsi kenari 1 ons mengandung:

Kalori: 185

Lemak: 18,5 gram

Protein: 4,31 gram

Serat: 1,9 gram

Mangan: 53% 

2. Kacang brazil

Kacang brazil merupakan jenis kacang yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan melalui berbagai kandungan yang terdapat didalamnya.

Jenis kacang ini mempunyai kandungan selenium yang sangat dibutuhkan tubuh dalam meningkatkan kesehatan reproduksi, kesehatan tiroid, mencegah kerusakan sel dan menurunkan risiko infeksi.

Tidak hanya itu saja adapun kandungan lainnya pada kacang ini yakni terdapat mikronutrien antara lain seperti seng, tembaga, magnesium, dan fitonutrien yang baik dalam membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Satu porsi kacang Brazil 1 ons mengandung :

Kalori: 187

Lemak: 19 gram

Protein: 4,05 gram

Serat: 2,13 gram

Selenium : 989%

Tembaga : 55% 

Magnesium : 25%

3. Kacang almond

Almond mempunyai kandungan lemak tidak jenuh jadi aman apabila dikonsumsi para penderita penyakit jantung selain itu terdapat juga kandungan lainnya seperti serat, kalsium, magnesium dan vitamin E.

Melalui banyaknya kandungan yang dimiliki dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan usus sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh.

Satu porsi almond 1 ons mengandung :

Kalori: 164

Lemak: 14,1 gram

Protein: 6,01 gram

Serat: 3,54 gram

Vitamin E: 48% 

Mangan: 27%


4. Kacang tanah

Kacang tanah menjadi salah satu jenis kacang yang paling aman dikonsumsi apabila dibandingkan dengan jenis kacang lainnya. 

Kacang tanah mempunyai kandungan kaya akan nutrisi seperti lemak sehat dan protein, melalui kandungan inilah yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Satu porsi kacang tanah seberat 1 ons (28 gram) mengandung :

Kalori: 160

Lemak: 13,8 gram

Protein: 7,14 gram

Serat: 2,41 gram

Mangan: 27%

5. Kacang mete

Kacang mete mempunyai kandungan kaya akan mineral seperti seng, tembaga, magnesium dan mangan yang menjadi kunci penting dalam memproduksi energi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan.

Tidak hanya itu saja adapun kandungan lainnya yang dimiliki seperti leusin dan asam amino yang berguna dalam membantu menjaga kesehatan otot tubuh.

Satu porsi kacang mete 1 ons (28 gram) mengandung :

Kalori: 157

Lemak: 12,4 gram

Protein: 5,16 gram

Serat: 0,94 gram

Tembaga: 69%

6. Kacang hazel

Kacang hazel atau hazelnut yang mempunyai rasa sedikit manis ini merupakan jenis kacang yang aman bagi tubuh dan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Jenis kacang ini mempunyai kandungan yang kaya akan antioksidan, kandungan inilah yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif yang terjadi akibat adanya ketidakseimbangan molekul dalam tubuh.

Satu porsi hazelnut 1 ons mengandung :

Kalori: 178

Lemak: 17,2 gram

Protein: 4,25 gram

Serat: 2,75 gram

Mangan: 87%

7. Pistachio

Kacang pistachio merupakan jenis kacang cukup populer dengan memiliki warna yang manarik sehingga sering digunakan dalam berbagai hidangan penutup.

Dibandingkan jenis kacang lainnya pistachio menjadi jenis kacang yang cukup unggul melalui kandungan yang dimilikinya seperti rendah kalori, lemak, dan kaya akan potasium.

Melalui banyaknya kandungan yang dimiliki kacang pistachio menjadikan kacang ini dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Tidak hanya itu saja mengonsumsi kacang ini juga dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan mata melalui kandungan yang dimilikinya seperti lutein, zeaxanthin dan antioksidan.

Satu porsi pistachio 30g menyediakan:

Kalori: 169 

Protein: 6.1 gram 

Lemak: 13,6 gram 

Lemak jenuh: 1,7g 

Karbohidrat: 5.4g 

Serat: 3.1g 

Kalium: 308 mg 

Besi: 1,18 mg

Vitamin E: 1,37 mg

(Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro