Tips Menghilangkan Sel Kulit Mati pada Kaki, Bikin Kasar /Women and Health
Health

Tips Menghilangkan Sel Kulit Mati pada Kaki, Bikin Kasar

Redaksi
Senin, 29 April 2024 - 10:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang ingin mempunyai tampilan kaki yang mulus dan bersih tanpa adanya masalah.

Namun tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan kaki mulus akibat adanya sel kulit mati, kondisi ini kerap kali membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain.

Dilansir dari onlymyhealth.com, penumpukan sel kulit mati pada kaki terjadi akibat kurangnya perawatan untuk menjaga kelembaban pada kaki.

Kaki yang tidak mendapatkan kelembaban yang sempurna akan mengalami beberapa masalah seperti kaki kering, kulit mengelupas, tumit pecah-pecah, dan kulit kasar.

Bagi Anda yang ingin memiliki kaki mulus dan bersih wajib mengetahui penanganan yang tepat untuk menghilangkan sel kulit mati.

Simak cara menghilangkan sel kulit mati pada kaki

1. Scrub kaki

Orang yang mengalami kulit kaki pecah-pecah biasanya disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati, kondisi ini dapat diatasi dengan cara melakukan scrub kaki secara rutin 1 - 2 kali dalam seminggu dengan durasi waktu 10 - 15 menit.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal maka pilihlah jenis scrub kaki yang mengandung exfoliasi alami seperti gula dan gram, kedua bahan ini telah terbukti efektif dalam menghilangkan sel kulit mati.

2. Batu apung

Tidak sedikit orang sering mengeluhkan mempunyai kulit kaki kasar dan kusam yang dapat mengganggu penampilan, kondisi ini dapat diatasi dengan menggunakan batu apung secara rutin 2 - 3 kali seminggu dengan durasi waktu selama 3 - 5 menit.

Anda dapat menggunakan batu apung untuk menghilangkan sel kulit mati, caranya cukup mudah yakni rendam kaki terlebih dahulu dengan air hangat, kemudian gosokkan batu apung dengan gerakan memutar pada bagian kulit yang kasar.

Jika Anda ingin menggunakan batu apung ini pastikan untuk tidak memberikan tekanan terlalu banyak pada kaki agar bisa terhindar dari risiko iritasi kulit.

3. Rendam kaki menggunakan garam epsom

Kulit kaki yang kering dan mengelupas dapat mengganggu tampilan dan kesulitan ketika sedang berjalan, masalah kulit ini dapat diatasi dengan kandungan magnesium sulfat yang dimiliki garam epsom.

Berdasarkan Ironwood Cancer and Research Centers, komposisi senyawa kristal yang dimiliki garam epsom telah terbukti efektif membantu mengurangi sel kulit mati pada kaki.

Mulai sekarang cobalah rendam kaki menggunakan air hangat dengan campuran garam epsom secara rutin dua minggu sekali dengan durasi waktu 30 - 60 menit.

4. Menggunakan masker kaki

Orang yang mengalami masalah kaki seperti kulit mengelupas disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati, kondisi ini dapat diatasi dengan cara melakukan eksfoliasi menggunakan masker kaki secara rutin 2 kali dalam seminggu.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, mulai sekarang pilihlah masker kaki yang mengandung asam seperti Alpha Hydroxy Acids (AHAs) atau Beta Hydroxy Acids (BHAs).

Kandungan AHAs dan BHAs pada masker telah terbukti lebih efektif untuk mengatasi dan mengurangi sel kulit mati pada kaki.

5. Rendam kaki menggunakan cuka

Anda dapat merendam kaki menggunakan air hangat yang dicampurkan cuka selama 10 - 15 menit untuk mengatasi kulit kering, kondisi ini bisa diatasi karena cuka mengandung asam asetat yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Jika Anda sudah merendam kaki menggunakan cuka, gosok kaki secara perlahan menggunakan sikat atau batu apung untuk memaksimalkan pengelupasan sel kulit mati pada kaki.

6. Memijat kaki dengan minyak kelapa

Minyak kelapa telah terbukti efektif digunakan sebagai pelembab alami yang dapat membantu menghidrasi kulit kering, penggunaan yang rutin selama 2 kali seminggu juga dapat menghilangkan sel kulit mati. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro