Kenali Tanda-tanda Gangguan Mental agar Bisa Dicegah Sejak Dini/Freepik.com
Health

Kenali Tanda-tanda Gangguan Mental agar Bisa Dicegah Sejak Dini

Redaksi
Senin, 6 Mei 2024 - 11:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengetahui tanda-tanda gangguan mental perlu disadari sejak dini untuk mendapatkan penanganan dengan cepat.

Pasalnya, gangguan mental dapat menyebabkan penderitanya mengalami depresi dalam jangka waktu cukup lama.

Tak jarang para penderita gangguan mental berpikir untuk mengakhiri hidupnya akibat kondisi yang dialaminya. Gangguan mental menurut

Kementerian Kesehatan adalah kondisi kesehatan yang memengaruhi pemikiran, perasan, perilaku, dan suasana hati.

Mengutip WHO, satu dari lima anak-anak dan remaja di dunia memiliki gangguan mental. Sedangkan satu dari empat orang dewasa di dunia mengalami gangguan mental.Kondisi ini umumnya terjadi saat di bawah usia 14 tahun.

Dilansir WebMD, berikut tanda-tanda gangguan mental.

1. Sulit Fokus

Gangguan mental mempunyai kondisi stress yang berlebihan sehingga memengaruhi pikiran dan tubuh untuk berkonsentrasi terhadap suatu hal. Stres jangka panjang juga menyebabkan perubahan struktural di otak yang memengaruhi daya ingat. Dalam kondisi yang kronis, seseorang dapat kehilangan ingatan.

2. Insomnia

Insomnia merupakan kondisi seseorang sulit untuk tidur. Lewat tanda ini menunjukan sebuah sinyal bahwa pikiran mengalami tekanan yang membuat tubuh tidak dapat beristirahat dengan nyenyak. Istirahat yang tidak maksimal semakin memperburuk stress dan kecemasan hingga berakhir pada gangguan mental.

3. Mudah Lelah

Stres membuat tubuh mudah lelah saat melakukan aktivitas, bahkan di beberapa kondisi rasa lelah bisa terjadi ketika aktivitas tidak begitu padat. Dampak ini berasal dari stress yang terus terjadi setiap saat sehingga tubuh lebih mudah lelah, terlebih stress mengganggu jam tidur yang menyebabkan tubuh tidak beristirahat secara maksimal.

4. Perubahan Nafsu Makan

Tanda lainnya adalah perubahan nafsu makan. Bagi beberapa orang saat mengalami stress akan mengonsumsi makanan secara berlebihan atau mengurangi intensitas makan. Hal ini juga memberikan efek domino terhadap kesehatan.

5. Halusinasi

Tanda yang lebih ekstrim adalah halusinasi. Pada tahap ini, seseorang sudah memiliki indikasi besar mengalami gangguan mental yang perlu ditangani dengan cepat oleh psikolog atau psikiater. Halusinasi memberikan dampak yang lebih bahaya, yakni keinginan untuk mengakhiri hidup.

6. Menarik Diri dari Lingkungan Sosial

Indikasi gangguan mental lainnya adalah menarik diri dari lingkungan sosial. Dalam hal ini, seseorang lebih menyukai untuk menyendiri dan enggan terlibat dalam kegiatan sosial. Alasan mengisolasi diri ini dianggap memberikan ketenangan dan adanya perasaan takut berinteraksi dengan lingkungan sosial. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro