Buah kenari./Istimewa
Health

7 Jenis Kacang Aman Bagi Penderita Diabetes

Redaksi
Senin, 13 Mei 2024 - 14:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penderita diabetes harus memperhatikan asupan makanan yang masuk dalam tubuh setiap harinya, agar kadar gula darah tetap stabil. Diantara banyaknya pilihan makanan, kacang menjadi salah satu cemilan yang aman untuk dikonsumsi.

Dilansir dari pinkvilla.com dan sugarfit.com, Senin (13/5/2024) mengonsumi kacang dapat membantu menurunkan resistensi insulin, mengatur kadar gula darah, dan meminimalkan risiko penyakit jantung yang merupakan pemicu komplikasi diabetes.

Namun, tidak semua jenis kacang bisa dikonsumsi, hanya kacang yang mengandung serat, protein, dan lemak baik yang aman untuk penderita diabetes.

Berikut Jenis Kacang Aman Bagi Penderita Diabetes

1. Kenari

Kenari memiliki kandungan lemak sehat yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan, sehingga dapat menurunkan risiko diabetes. Selain itu, kandungan seratnya bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara memberikan efek rasa kenyang lebih lama.

Jenis kacang ini juga mengandung asam alfa-lipoat yang baik untuk mencegah penyakit sendi, jantung, dan meningkatkan kesehatan otak.

2. Almond

Dalam satu ons almond mengandung sekitar 80 miligram magnesium yang berguna untuk mengontrol kadar gula darah tubuh. Menurut penelitian, almond dapat membantu mengurangi risiko kardiovaskular bagi penderita diabetes tipe 2 dengan cara menstabilkan kadar glukosa.

Selain itu, konsumsi almond juga membantu memperlancar sistem pencernaan sehingga menurunkan risiko kenaikan berat badan, diare, dan maag.

3. Kacang mete

Kacang mete mengandung kaya serat bisa membantu mengurangi dan menurunkan tekanan darah yang merupakan salah satu pemicu diabetes tipe 2. Selain itu, mengonsumsi mete juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin bagi penderita diabetes.

Menurut penelitian tahun 2018, orang yang mengonsumsi kacang mete selama 12 minggu cenderung memiliki tekanan darah lebih rendah dengan tingkat HDL yang lebih baik.

4. Pistachio

Pistachio mengandung kaya serat dan lemak sehat sehingga aman dijadikan cemilan untuk penderita diabetes, karena dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama.

Menurut penelitian tahun 2015, mereka menemukan kelompok yang melakukan pola makan kaya pistachio memiliki kadar kolesterol LDL dan HDL lebih baik, dibandingkan kelompok yang tidak menjalankan pola makan ini.

5. Kacang tanah

Kacang tanah memiliki kandungan tinggi serat, protein, dan glikemik yang rendah sehingga dapat membantu mengontrol gula darah dalam tubuh. Selain itu, kacang tanah juga efektif menurunkan kolesterol LDL.

Penelitian pada tahun 2013, menemukan orang yang menambahkan kacang tanah kedalam sereal dapat membantu mengontrol nafsu makan dan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

6. Kacang hazel

Kacang hazel atau hazelnut mempunyai kandungan serat, protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat yang membantu menurunkan risiko diabetes dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Selain itu, hazelnut juga kaya vitamin E dan antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

7. Kacang brazil

Kacang brazil berukuran cukup besar dengan cita rasa sedikit pedas dan tekstur yang halus, biasanya dimakan mentah atau dipanggang sebagai camilan. Selain itu, kacang ini digunakan untuk pembuatan kue, kembang gula. dan minyak. 

Kacang brazil mempunyai kandungan tinggi selenium yang bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga cocok dikonsumsi penderita diabetes. Adapun kandungan lain seperti nutrisi, serat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro