Olahraga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk berhenti merokok dan mengalihkan keinginan merokok. Push up memiliki manfaat baik bagi tubuh/ilustrasi
Health

Tips Sehat, Cara Untuk Berhenti Merokok

Redaksi
Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Merokok merupakan kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang, untuk menghilangkan rasa stres dan penat dalam menjalani kehidupan. Kandungan zat adiksi yang terdapat di dalamnya, mampu menimbulkan efek kecanduan setiap saat. Hal ini yang masih menjadi persoalan utama bagi banyak pihak yang sudah tidak lagi mengonsumsi rokok.

Menurut WHO, lebih dari 7 juta jiwa meninggal akibat konsumsi rokok  dan 1,2 juta jiwa meninggal akibat asap rokok. Mungkin hal tersebut menjadi salah satu alasan seseorang untuk berhenti merokok. Namun, faktor utama penyebab seseorang berhenti merokok adalah masalah kesehatan.

Dampak dari masalah kesehatan pada perokok, berpengaruh pada sistem imunitas dan kerusakan pada fungsi organ. Dari masalah tersebut, beberapa orang baru tersadar dan memilih untuk berhenti merokok setiap hari.

Dilansir dari mayoclinic.org dan clevelandclinic.org, Sabtu (25/5/2024), untuk melepas efek kecanduan pada rokok diperlukan beberapa dorongan aktivitas yang mendukung seperti olahraga, konsumsi permen, dan lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk membiasakan para perokok merasakan kenyamanan, setelah berhenti mengonsumsi rokok. 

Kegiatan yang cocok dilakukan saat berhenti merokok:


1. Mencoba teknik relaksasi

Teknik relaksasi dilakukan untuk menghilangkan rasa penat, stres, dan depresi yang terjadi pada manusia. Bagi orang yang terbiasa merokok, apabila tidak mengonsumsi rokok dalam sehari, akan menimbulkan rasa bosan dan stres sepanjang hari. Hal yang dapat dilakukan adalah mengikuti kelas yoga, meditasi, maupun spa untuk merelaksasikan tubuh dan pikiran. 


2. Menolak ajakan meski hanya satu batang sehari

Menerima ajakan merokok meski satu batang dalam sehari, merupakan hal yang salah untuk dilakukan. Saat berhenti merokok, pastikan diri Anda tidak menyentuh dan mencoba rokok meski hanya satu batang. Cobalah untuk berani menolak dan memilih mengonsumsi makanan maupun minuman, yang berdampak baik bagi kesehatan.

3. Berolahraga

Berolahraga dapat dilakukan untuk menyehatkan tubuh dan membuat pikiran menjadi nyaman. Anda dapat menuangkan sikap gelisah, bosan, maupun amarah dengan melakukan aktivitas berolahraga. Pilih jenis olahraga yang baik untuk mengelola pernapasan dan mengontrol pikiran secara baik dan benar.


4. Bergabung dengan aktivitas sosial

Anda bisa melakukan aktivitas sosial, untuk mendapatkan banyak pengalaman sekaligus mengalihkan keinginan merokok. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan mengikuti organisasi karang taruna, volunteer kesehatan, maupun hal lain yang berdampak baik bagi kesehatan jiwa maupun raga.


5. Menanamkan pikiran yang positif

Menanamkan pikiran positif mampu menghasilkan segala kebaikan yang datang ke dalam kehidupan. Ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, pastikan bahwa hal-hal baik akan datang ke dalam kehidupan salah satunya memperoleh kesehatan dalam jangka panjang. Selalu yakin terhadap pilihan diri sendiri, supaya hasil yang diharapkan dapat tercapai secara tepat.

6. Konsumsi permen karet

Konsumsi permen karet menjadi salah satu kegiatan yang cocok dilakukan untuk menghilangkan aroma dan kecanduan merokok. Jika mulut Anda merasa asam dan hambar, konsumsi permen karet menjadi alternatif yang tepat untuk meminimalisir rasa asam tersebut.


7. Melakukan perubahan

Perubahan merupakan salah satu bentuk keseriusan dalam menjalani kehidupan. Perubahan yang dimaksud adalah melakukan dan menghasilkan sesuatu yang baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Untuk mengganti kegiatan setelah berhenti merokok, Anda dapat melakukan perubahan dengan cara menerapkan hidup sehat, rajin berolahraga, dan mengikuti campaign pengendalian tembakau di kalangan masyarakat. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro