Ilustrasi pasangan yang belum menikah/Freepik
Relationship

Tips Cinta, Benarkah Komunikasi Jadi Kunci Dalam Sebuah Hubungan?

Redaksi
Sabtu, 25 Mei 2024 - 13:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komunikasi menjadi salah satu perdebatan yang terjadi dalam hubungan percintaan kalangan remaja hingga orang dewasa. Sebagian orang berpendapat kunci dari suksesnya hubungan dilihat berdasarkan komunikasi yang terjalin pada sebuah pasangan. Namun, apakah benar bahwa komunikasi menjadi kunci dalam suatu hubungan?

Komunikasi bukan hanya sekedar berbicara atau mengirim pesan kepada pasangan. Namun, komunikasi merupakan proses pertukaran ide, perasaan, dan emosi yang membantu membangun kepercayaan dan pemahaman antara dua individu. Tanpa komunikasi yang tepat, permasalahan dapat muncul, yang mengarah ke konflik dan putusnya suatu hubungan.

Dalam suatu hubungan, komunikasi dilakukan secara kritis. Hal tersebut dilakukan atas dasar pondasi hubungan yang dibangun oleh setiap pasangan. Seiring perkembangan waktu, suatu hubungan memerlukan komunikasi secara jujur dan terbuka. 

Dilansir dari medium.com, Sabtu (25/4/2024), seorang penulis dan terapis Esther Perel, mengatakan “Cinta bertumpu pada dua pilar: menyerah dan otonomi. Kebutuhan kita akan kebersamaan ada di samping kebutuhan kita akan keterpisahan.”

Peran dari komunikasi sangat penting untuk mengkomunikasikan kebutuhan dan keinginan Anda terhadap pasangan. Salah satu ahli hubungan percintaan Gary Chapman mengatakan, “Cinta adalah kata kerja yang aktif. Cinta bukan hanya sesuatu yang Anda rasakan. Itu adalah sesuatu yang kamu lakukan."

Melakukan proses komunikasi dalam suatu hubungan, bukanlah suatu hal yang mudah. Kedua individu harus bersikap sabar, menurunkan ego, dan mengerti satu sama lain.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki proses komunikasi Anda bersama pasangan, yaitu:

1. Jangan memotong pembicaraan

Memotong pembicaraan merupakan tindakan yang tidak boleh dilakukan kepada orang lain. Hal tersebut mengacu pada adab dan perilaku yang diterapkan sehari-hari.

Dalam suatu hubungan, salah satunya harus bersikap sabar dan mendengarkan sebaik mungkin, tanpa harus memotong pembicaraan yang disampaikan. Tujuannya adalah pesan dan makna pembicaraan yang disampaikan, dapat diterima dan dicerna dengan baik.

2. Menunjukkan empati dan perhatian

Empati dan perhatian merupakan suatu hal yang menunjukkan rasa peduli serta kasih sayang kepada pasangan. Supaya komunikasi berjalan dengan lancar, maka pastikan diri Anda maupun pasangan saling memberikan support maupun perhatian yang ekstra satu sama lain.

3. Beristirahat jika sudah melibatkan emosi

Emosi merupakan kondisi yang muncul akibat rasa kecewa, marah, dan kesal terhadap suatu hal. Dalam menjalani suatu hubungan, sebaiknya konflik diselesaikan dengan cara yang baik tanpa melibatkan rasa emosi. Jika emosi tidak dapat ditahan, sebaiknya beristirahat sejenak dan tidak bersikap gegabah supaya hubungan dapat terjalin secara baik dan harmonis.

4. Mendengarkan secara aktif

Mendengarkan secara aktif merupakan suatu hal yang menunjukkan bukti ketulusan dan keseriusan sepasang kekasih. Ketika pasangan sedang menceritakan sesuatu, Anda harus mendengarkan secara baik dan responsif terhadap cerita tersebut. Jika keduanya mampu menjadi pendengar yang baik, maka hubungan yang dijalani dapat harmonis dalam jangka panjang.

5. Bersikap jujur

Bersikap jujur dan terbuka menjadi salah satu hal termahal yang dimiliki oleh setiap pasangan. Jujur dan terbuka, merupakan kunci untuk menumbuhkan rasa kepercayaan satu sama lain. Supaya komunikasi berjalan dengan lancar, maka Anda harus bersikap terbuka tanpa menutupi segala sesuatu kepada pasangan. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro