Hypersomnia, rasa lelah berlebiihan/cleveland clinic
Health

10 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur ala Matthew Walker

Redaksi
Senin, 3 Juni 2024 - 11:32
Bagikan

6. Hindari jenis obat tertentu

Beberapa jenis obat jantung, tekanan darah, asma, atau obat herbal untuk batuk, pilek, dan alergi seringkali mengganggu pola tidur. Karena itu, Anda wajib mengkonsultasikan kepada dokter apabila mengalami gangguan tidur setelah mengonsumsi obat tersebut.


7. Jangan tidur siang setelah jam 3 

Tidur siang diatas jam 3 dapat mengganggu kualitas tidur dimalam hari, akibat tubuh sulit mendapatkan rasa kantuk. Karena itu, hindarilah kebiasaan ini dengan beralih tidur siang pada jam 1 - 2 dengan durasi waktu sekitar 20 - 30 menit.

8. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat membantu tubuh lebih rileks dan menenangkan pikiran pada malam hari. Sensasi ini berkontribusi memberikan rasa kantuk yang dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas tidur.


9. Berikan waktu relaksasi

Kualitas tidur yang baik bisa didapatkan melalui aktivitas menenangkan sebelum tidur seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau peregangan ringan. Selain itu, Matthew menganjurkan membuat jurnal harian untuk mengatasi rasa cemas yang berkontribusi pada kualitas tidur seseorang.


10. Berjemur pagi hari

Sinar matahari pagi dapat merangsang produksi hormon serotonin dalam tubuh yang berkontribusi pada peningkatan kualitas tidur. Karena itu, mulailah berjemur secara rutin 15 - 30 menit setiap harinya. (Nur Afifah Azahra Aulia)

 

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro