Kebun Raya Bogor menjadi destinasi wisata yang disukai oleh masyarakat
Travel

Hari Jadi Kota Bogor, Ini 5 Rekomendasi Wisata Unik di Kota Hujan

Redaksi
Senin, 3 Juni 2024 - 10:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap pada tanggal 3 Juni, masyarakat akan memperingati Hari Jadi Bogor. Bogor merupakan salah satu kota yang memiliki banyak keindahan, mulai dari wisata alam, kuliner, hingga tempat-tempat unik lainnya.

Kota yang dijuluki sebagai kota ‘Hujan’ ini, memiliki suasana yang sejuk, asri, dan nyaman. Tidak cukup rasanya, jika menghabiskan waktu di Bogor tanpa berkunjung destinasi wisata uni di sekitar.

Awal mulanya, Bogor merupakan ibu kota Pajajaran dan  diyakini oleh masyarakat setempat bahwa Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja (seorang Raja Kerajaan Pakuan Pajajaran) pernah hidup dan memerintah di kawasan tersebut.

Pajajaran dan Siliwangi merupakan kebanggan masyarakat Jawa Barat, dan menjadi salah satu alasan  jika Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor sepakat mengambil titik awal identitas Bogor dari dua serangkai ini (Pajajaran dan Siliwangi). 

Siliwangi memerintah di kerajaan Pakuan sejak  tahun 1482, dan menjadi  acuan pemerintah setempat  dalam menentukan Hari Jadi Kota Bogor. Peringatan hari tersebut dilangsungkan dengan upacara Kurawa Bekti pada tanggal 2 Juni malam 3 Juni. Tepat pada tanggal 3 Juni inilah, ditetapkan sebagai  tanggal Hari Jadi Kota Bogor yang akan diperingati  setiap tahunnya.

Dilansir dari destinasi.kotabogor.id, sejarah tersebut menjadi bukti perjalanan hidup Kota Bogor dari tahun ke tahun, dan membuat kota tersebut menjadi berkembang dengan berbagai destinasi wisata unik yang tersedia.

Berikut 5 rekomendasi wisata unik di Bogor:

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan sebuah kebun botani besar yang memiliki luas mencapai 87 hektare, dan 15.000 jenis koleksi pohon serta  tumbuhan. Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata alam, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Jika berkunjung ke Kebun Raya Bogor, harga tiket yang tersedia mulai dari harga domestik Rp15.000 dan wisatawan asing  Rp25.000. Mobil Rp 50.000,  motor Rp5.000, dan sepeda Rp. 5.000. Akses yang tersedia cukup mudah, Anda dapat menggunakan layanan transportasi KRL maupun angkot yang tersedia di sekitar. 


2. Kampung Batik Bogor

Kampung Batik Bogor merupakan wisata edukasi yang memberikan kesan pengalaman dan pengetahuan membatik secara khas di Indonesia. Dalam wisata tersebut, Anda akan disajikan dengan peta lokasi spot unik yang tersedia di kawasan tersebut. 

Peta tersebut akan menjelaskan mengenai 

informasi terkait spot kuliner, permainan, museum sejarah batik, dan sebagainya. Tempat ini dibuka setiap hari pada jam 08.00 - 21.00.  

Jika Anda tertarik dengan wisata yang khas dengan belajar membatik, tempat ini cocok dijadikan sebagai salah satu opsi kunjungan bersama keluarga dan kerabat. Untuk lebih jelasnya, lokasinya berada di Jl. Neglasari 1 Rt.003/004 Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor 16135.

wisata kota bogor
wisata kota bogor

Kampung Batik Bogor menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi/Antara 


3. Paneupaan Kujang Pajajaran Abah Wahyu ( Wahyu Affandi Suradinata )

Bogor dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kerajinan kujang. Hal tersebut tidak lepas dari anggapan masyarakat bahwa kujang merupakan simbol yang khas Kota Bogor. Tugu Kujang yang melingkar di seputaran Kebun Raya Bogor, seperti menjadi bukti dari keberadaan kujang.

Dari lokasi Tugu Kujang, terdapat salah satu outlet perajin kujang yang bernama Paneupaan Kujang Pajajaran. Outlet tersebut didirikan oleh Wahyu Affandi Suradinata sejak 8 tahun yang lalu tepatnya di Jalan Parung Benteng RT 04/01 No 120 Kelurahan Katulampa, Bogor Timur, Jawa Barat.

Harga kujang yang ditawarkan, cukup bervariatif mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Hal tersebut tergantung pada bahan, ukuran, dan bentuk dari kujang tersebut. 


4. Teras Suryakencana

Teras Suryakencana merupakan destinasi kuliner yang khas dari Kota Bogor. Lokasinya tidak jauh dari Kebun Raya Bogor, dan mudah diakses bagi para pengunjung. Kuliner yang tersedia di Suryakencana terdiri dari makanan tradisional Kota Bogor, hingga jajanan modern yang hits.

Anda akan disajikan oleh berbagai outlet dan pedagang kaki lima di sekitar. Jenis makanan dan minuman yang disediakan adalah bir kotjok, cungkring, dan lainnya. Jika Anda tertarik datang ke Suryakencana, pastikan membawa uang yang cukup, untuk menikmati semua jenis kuliner yang tersedia.

5. Kampoeng Air Katulampa

Kampoeng Air Katulampa merupakan destinasi wisata alam yang menyajikan wahana air. Para pengunjung akan disajikan dengan keseruan lainnya berupa camping, outbound, arung jeram dan lainnya. Wisata ini berada di Kampoeng Air Katulampa, Jalan Bendung, Jl. Katulampa Raya No.45, Katulampa, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16144

Anda dapat menjadikan destinasi wisata tersebut, sebagai salah satu list wisata yang akan dikunjungi bersama teman, kerabat, dan keluarga. Wisata ini buka pada pukul 08.00 - 16.00 WIB, dengan tarif sebesar Rp10.000. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro