Integritas Freepik
Health

8 Cara Bertahan Hidup di Situasi yang Sulit

Redaksi
Selasa, 4 Juni 2024 - 13:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masa-masa sulit bisa saja datang tanpa diundang dan bisa menjadi pelajaran berharga bagi orang-orang yang telah melaluinya.

Dilansir dari inc.com dan psychologytoday.com, Selasa (4/6/2024) memiliki hidup yang serba unggul dan mencukupi adalah impian semua orang. Namun, menjadi seseorang yang tangguh dan siap berjuang di situasi sulit, hanya dapat dilakukan oleh orang yang bersungguh-sungguh untuk memperjuangkan sesuatu. Anda tidak perlu merasa ragu dan bimbang, ketika mengalami situasi sulit dalam kehidupan. 

Seperti peribahasa yang berbunyi “ada jalan ke puncak gunung yang tinggi.” Bunyi peribahasa tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dan pengembangan dalam menjalani kehidupan.

Dalam situasi sulit tentunya terdapat jalan keluar yang ditemukan. Anda dapat mengandalkan sikap percaya, sabar, dan terus berjuang tanpa mengenal lelah. Lantas, cara apa saja yang diperlukan dalam menunjang kehidupan saat masa-masa sulit terjadi?

Berikut 8 cara bertahan hidup di situasi yang sulit:

1. Beristirahat sejenak

Beristirahat sejenak dari aktivitas, merupakan salah satu hal yang diperlukan untuk memberikan ruang pemikiran dan pemahaman pada seseorang.

Dalam hal ini, Anda perlu mengambil waktu beberapa hari untuk beristirahat dan memikirkan strategi yang harus dilakukan dalam beberapa waktu ke depan. Pastikan waktu istirahat tersebut digunakan untuk bersantai dan merenungkan segala hal yang terjadi, serta bersiap kembali untuk menyambut hari esok dengan penuh semangat.

2. Kelola rutinitas Anda

Mengelola rutinitas, merupakan kegiatan untuk memberikan batasan terhadap rutinitas yang dilakukan setiap hari. Dalam hal ini, Anda harus membagi jadwal rutin yang tepat untuk bekerja, berolahraga, bersantai, maupun mengikuti kegiatan lainnya.

Pastikan rutinitas yang dilakukan tidak menghambat kesehatan fisik dan mental, supaya kehidupan yang dijalani dapat berjalan seimbang.

3. Mengelola stres dengan baik

Mengelola stres dengan baik diperlukan untuk mengontrol pikiran yang terkadang terjadi di luar kendali manusia. Dalam menjalani kehidupan yang sulit, manusia cenderung berpikir pendek akibat tidak mampu mengelola stres dengan baik. 

Dalam hal ini, Anda dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti menyalurkan hobi, bermain bersama teman, dan perbanyak kegiatan religius setiap hari. Jika Anda merasa bosan, penuhi hari-hari Anda dengan membaca buku ataupun berbicara kepada kerabat, untuk meminta saran dan nasehat yang tepat.

4. Tingkatkan relaksasi pada tubuh

Teknik relaksasi sangat dibutuhkan untuk memberikan kebugaran dan ketenangan dalam tubuh manusia. Relaksasi dilakukan dengan cara yang tenang, nyaman, dan membawa kedamaian bagi setiap orang. Anda dapat melakukan teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, pilates, dan lainnya yang melibatkan suasana hati, fisik, dan batin.

5. Mengontrol emosi

Mengontrol emosi merupakan salah satu wujud pengendalian yang dilakukan oleh manusia. Ketika hidup berada pada masa yang sulit, Anda harus mampu mengontrol emosi supaya amarah tidak terjadi berlarut-larut, dan berdampak buruk bagi kesehatan. Anda dapat mengontrol emosi dengan mengalihkan fokus melalui kegiatan olahraga seperti boxing, karate, dan lainnya.


6. Bersikap yakin kepada diri sendiri

Bersikap yakin kepada diri sendiri, merupakan bentuk rasa percaya diri yang dapat membawa pengaruh positif dalam kehidupan. Hal ini berkaitan dengan manifestasi yang dihasilkan oleh penanaman pikiran positif pada diri seseorang.

Ketika Anda mengalami masa sulit, maka berpikirlah bahwa ujian yang diberikan merupakan salah satu bentuk pendewasaan untuk menjalani kehidupan yang lebih di masa depan. Jika Anda sering berpikir positif, maka semakin banyak hal-hal baik yang datang ke dalam kehidupan.

7. Jangan hiraukan omongan orang lain

Omongan yang disampaikan orang lain tidak akan membuat diri Anda berkembang dan maju secara pesat. Anda harus mencerna setiap omongan baik dan buruk yang disampaikan oleh orang lain. Jika hanya berisi kritik yang tidak membangun, maka jangan hiraukan omongan tersebut, dan selalu berpegang teguh pada prinsip diri sendiri. 


8. Selalu tersenyum 

Senyum merupakan salah satu bentuk ekspresi senang, bahagia, dan menerima. Dalam hal ini Anda harus selalu tersenyum dan menjalani hari-hari dengan senang hati dan gembira. Pastikan situasi sulit yang terjadi, tidak menjadi hambatan utama untuk terus terlihat bahagia sepanjang hari.

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro