Strawberry/reuters
Health

7 Buah yang Mampu Cegah Dehidrasi, Kaya Kandungan Air

Redaksi
Senin, 10 Juni 2024 - 17:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah cuaca yang panas, tubuh manusia membutuhkan banyak cairan untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Namun, untuk mencegah terjadinya dehidrasi tersebut, Anda dapat memilih opsi dengan mengonsumsi buah-buahan yang sehat dan mengandung banyak air dan vitamin.

Buah-buahan menjadi salah satu bahan makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi setiap hari oleh manusia. Setiap buah memiliki banyak kandungan yang baik untuk mencegah, mengurangi, dan mengatasi risiko penyakit kronis pada tubuh.

Sebagian orang memilih mengonsumsi buah sebagai alternatif yang baik untuk memberikan stamina dan memelihara kesehatan tubuh secara tepat.

Melansir dari everydayhealth.com, seorang blogger nutrisi dan pemilik Kara Lydon di Boston mengungkapkan “Mengonsumsi buah bisa menjadi cara yang manis untuk meningkatkan nutrisi dan membantu berkontribusi pada kebutuhan cairan tubuh Anda secara keseluruhan,” pungkasnya.

Dia juga menjelaskan bahwa 20% dari asupan cairan dalam tubuh manusia, dihasilkan dari makanan yaitu buah-buahan dan sayuran.

Efek yang ditimbulkan dari dehidrasi akan berpengaruh terhadap aktivitas seseorang, seperti kelelahan, sakit kepala, dan penurunan pada fungsi organ.

Maka dari itu, pentingnya konsumsi buah-buahan sangat diperlukan untuk mencegah hal tersebut.

Dilansir dari everydayhealth.com dan thefrozengarden.com, berikut 7 jenis buah yang mampu mencegah dehidrasi pada tubuh:

1. Stroberi

Stroberi memiliki kandungan air sebesar 91% yang diikuti oleh nutrisi lainnya. Jumlah persentase cairan tersebut mampu membuat tubuh merasa terhidrasi dengan baik tanpa adanya rasa haus yang berkepanjangan.

Kandungan lain yang terdapat dalam stroberi adalah serat yang baik untuk memelihara pencernaan dalam tubuh.

Menurut Mayo Clinic, konsumsi buah stroberi setiap hari mampu memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, mengurangi tekanan darah, dan mendukung perkembangan fungsi otak dengan baik.

2. Jeruk bali

Jeruk bali merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak vitamin C. Kandungan vitamin C tersebut bermanfaat bagi stamina dan membuat daya tahan tubuh meningkat.

Menurut USDA, jeruk bali memiliki kandungan air sebanyak 91% yang baik untuk memelihara daya tahan tubuh, dan mencegah terjadinya dehidrasi saat musim panas.

Kandungan serat, vitamin C, dan rendah akan kalori dalam buah jeruk bali cocok dijadikan sebagai salah satu makanan serta minuman sehat bagi orang yang sedang melakukan diet.

3. Blewah

Blewah merupakan salah satu buah yang dengan kadar cairan yang tinggi bagi tubuh. Menurut USDA, kandungan air atau cairan dalam buah blewah sebesar 90%. Buah tersebut tidak hanya baik untuk menghidrasi tubuh, melainkan mampu memberikan sensasi segar dan sejuk.

Dalam satu potong blewah, terdapat kandungan vitamin C, vitamin A, beta karoten, yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh Anda. Anda dapat mengonsumsi blewah dalam bentuk jus, salad buah, maupun dijadikan sebagai bahan campuran pada minuman es lemonade.

4. Buah persik atau peach

Buah persik atau peach memiliki kandungan air sebesar 88%. Kandungan air tersebut merupakan cairan yang dapat meningkatkan hidrasi pada tubuh, untuk menghindari rasa haus berkepanjang saat musim panas.

Anda dapat mengonsumsi buah persik dalam bentuk jus, maupun dikonsumsi secara langsung menggunakan yoghurt. Sensasi manis dan asam, dan kelimpahan vitamin C dari buah persik, dapat membantu meningkatkan daya tahan yang baik bagi tubuh.

5. Semangka

Semangka memiliki kandungan air sebanyak 91%, yang baik untuk meningkatkan hidrasi pada tubuh. Kandungan air dalam semangka, memberikan sensasi nikmat dan segar bagi setiap orang yang mengonsumsinya. Anda dapat mengonsumsi semangka dalam bentuk salad buah, jus, maupun bahan makanan dalam pembuatan sop buah.

Tidak hanya baik untuk menghidrasi tubuh, semangka juga juga dipenuhi oleh kandungan vitamin A, C, dan kalium yang baik untuk memelihara kesehatan mata, kulit, sistem saraf pada manusia.

6. Nanas

Nanas merupakan buah tropis yang memiliki kelezatan dan kandungan air sebanyak 85%. Dari banyaknya jumlah kandungan air tersebut, maka dapat dipastikan bahwa nanas menjadi sumber hidrasi yang baik dalam mengisi cairan di dalam tubuh. Kandungan lain yang terdapat dalam buah nanas adalah vitamin C, untuk memelihara sistem kekebalan tubuh dan melindungi diri dari stres oksidatif. Anda dapat mengonsumsi buah nanas dalam bentuk jus, asinan, salad buah, maupun dikonsumsi langsung tanpa bahan lainnya.

7. Aprikot

Aprikot merupakan jenis buah yang memiliki kandungan air sebanyak 86%. Buah tersebut menyediakan kandungan nutrisi berupa vitamin A, C, dan antioksidan. Seluruh kandungan nutrisi tersebut memiliki manfaat yang baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, memberikan stamina ekstra, serta meningkatkan kesehatan otak. Anda dapat mengonsumsi buah tersebut dalam bentuk selai, maupun dikonsumsi secara langsung tanpa bahan lainnya. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro