Resep sate kambing enak dan tidak berbau/Tokopedia
Health

Jarang Diketahui, Simak 8 Manfaat Konsumsi Daging Kambing Bagi Kesehatan

Redaksi
Selasa, 18 Juni 2024 - 12:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Daging kambing kerap dijadikan sebagai hidangan yang lezat dan menggugah selera. Namun, setiap kelezatan dan kenikmatan dari olahan hidangan tersebut, terdapat pro dan kontra dari masyarakat.

Tidak banyak yang mengetahui, bahwa konsumsi daging kambing memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Daging kambing memiliki kandungan B12, potasium, dan zat besi yang baik bagi kesehatan.

Dilansir dari sentasionalseasonals.com, Selasa (18/6/2024), kandungan lain yang terdapat daging kambing adalah vitamin esensial untuk melawan infeksi dan membantu perkembangan janin selama kehamilan. 

Namun, mengonsumsi daging kambing tidak diperbolehkan dalam jumlah yang berlebih, untuk menghindari terjadinya reaksi berbahaya pada tubuh. Anda harus pintar mengolah daging kambing tersebut dengan metode dan bahan yang tepat, untuk menghasilkan hidangan lezat serta tidak berbahaya ketika dikonsumsi.

Berikut 8 manfaat konsumsi daging kambing bagi kesehatan:

1. Mendukung kesehatan jantung

Daging kambing memiliki kadar lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan dengan daging merah lainnya. Hal ini yang membuat para penikmat daging kambing, senantiasa merasa sehat dan menjadi bagian dari diet untuk mendukung kesehatan kardiovaskular.

Komposisi nutrisi daging kambing juga termasuk kalium dan lemak tak jenuh ganda. Kedua kandungan tersebut  memiliki peran kunci dalam mengatur tekanan darah dan mempertahankan irama jantung secara tepat.

2. Tinggi zat besi dan vitamin B12

Kandungan zat besi dan vitamin B12 dalam daging  kambing berperan sebagai kunci bagi tubuh. Zat besi memiliki peran penting untuk membentuk sel darah merah yang sehat, sementara vitamin B12 membantu kinerja fungsi saraf dan sintesis DNA.

Khasiat dari zat besi dan vitamin B12 banyak digunakan oleh wanita hamil yang membutuhkan dukungan bagi perkembangan janin, dan membantu mencegah terjadinya kecacatan saat lahir. 

3. Rendah lemak dan lemak jenuh

Daging kambing merupakan alternatif yang cocok digunakan sebagai program diet bagi banyak orang. Kadar lemak jenuh yang terdapat dalam daging kambing, berperan untuk berkontribusi terhadap pencegahan peningkatan kolesterol dan risiko jantung koroner. 

4. Sumber kalium yang baik bagi tubuh

Kalium memiliki peran yang penting dalam menjaga  tekanan darah supaya tetap sehat dan stabil. Hal ini dikarenakan adanya pemenuhan kadar mineral di dalam tubuh manusia.

Mengonsumsi daging kambing secara cukup, mampu memberikan dosis kalium untuk mendukung kesehatan jantung dan dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi serta penyakit ginjal.

5. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi daging kambing mampu membantu menurunkan berat badan secara optimal. Kandungan protein yang baik dan kalori yang rendah, membuat perut Anda cepat merasa kenyang dan menghindari mengonsumsi makanan lain secara berlebih. Hal ini dianggap sebagai salah satu hal yang cukup efektif, untuk mengurangi obesitas yang terjadi pada tubuh.

6. Meningkatkan imunitas

Daging kambing dikemas dengan vitamin esensial, vitamin C,  dan Vitamin B. Ketiga kandungan tersebut mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan untuk melawan berbagai penyakit yang terjadi dalam tubuh. Vitamin C akan bekerja secara aktif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membentuk antibodi, dan mempertahankan sistem imunitas secara tepat. 

7. Mencegah anemia

Daging kambing terbukti mencegah terjadinya anemia di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat besi yang terdapat di dalam daging kambing terbukti 2x lipat lebih baik dari dada ayam dan daging sapi. Zat besi sendiri sangat diperlukan untuk memproduksi hemoglobin yang bertugas membawa oksigen ke seluruh organ tubuh.

8. Meningkatkan kesehatan otot dan tulang

Kandungan protein yang tinggi di dalam daging kambing membantu pertumbuhan dan pembentukan sel otot di dalam tubuh. Hal ini juga didukung oleh adanya kalsium yang berperan penting untuk memelihara kesehatan tulang di dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi daging kambing disertai dengan acar sayur, untuk memberikan sensasi segar dan membuat kesehatan tubuh  tetap terjaga.

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro