Sapi untuk kurban di Medan, Minggu (16/6/2024). - Bisnis/Delfi/K68
Health

8 Manfaat Tulang Sumsum yang Jarang Diketahui

Redaksi
Rabu, 19 Juni 2024 - 12:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tulang sumsum merupakan salah satu bagian perkakas dari sapi, yang banyak digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan makanan. Citarasa yang khas gurih dan tekstur yang lembut, membuat banyak orang tak kuasa untuk segera mencicipinya.

Tidak hanya memberikan kenikmatan, tulang sumsum juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Tulang sumsum dapat ditemukan pada bagian tulang paha, pinggul, dan tulang belakang sapi. Dilansir dari bluebirdprovisions.co, tulang sumsum mengandung 97% lemak, 3% protein dan tanpa karbohidrat. Kandungan lain yang terdapat dalam tulang sumsum adalah beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin B12, vitamin E, zat besi, kalsium dan vitamin A.

Seluruh kandungan yang terdapat dalam tulang sumsum, akan berdampak baik pertumbuhan dan perkembangan kesehatan manusia. Dilansir dari longevity.technology, simak 8 manfaat tulang sumsum yang jarang diketahui oleh banyak orang:

1. Mendukung kesehatan otak

Lemak sehat yang ditemukan di sumsum tulang memiliki kandungan omega-3 yang tinggi berperan penting terhadap kesehatan otak. Semua lemak yang terdapat dalam tulang sumsum membantu menjaga struktur dan fungsi sel otak, serta meningkatkan fungsi kognitif secara tepat. 

2. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalium dan fosfor dalam tulang sumsum berperan penting untuk kesehatan dan kekuatan tulang, Hal ini juga diperkaya dengan kandungan mineral yang membantu proses pembuatan dan pemeliharaan tulang secara kuat. Sampai saat ini, konsumsi tulang sumsum dipercaya mampu membantu menjaga kepadatan tulang dan menurunkan risiko terjadinya osteoporosis. 

3. Menjaga kesehatan kulit

Tulang sumsum memiliki kandungan kolagen dan zat bioaktif lainnya yang dapat membantu regenerasi kulit. Kolagen akan meningkatkan pembaruan untuk menghasilkan kulit yang lebih muda serta cerah.

Mengonsumsi tulang sumsum secara teratur mampu memperbaiki tekstur dan luka pada cedera kulit. Komponen lain yang terdapat dalam tulang sumsum akan memperbaiki regenerasi jaringan dan mempercepat proses penyembuhan pada luka.

4. Manajemen berat badan

Kandungan nutrisi yang lengkap dalam sumsum tulang mampu membantu manajemen berat badan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan lemak dan protein sehat, yang membantu meningkatkan rasa kenyang serta mengurangi nafsu makan yang berlebih. 

5. Menjaga kesehatan jantung

Tang sumsum memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal dan asam

lemak omega-3. Kandungan lemak tersebut akan meningkatkan kolesterol baik (LDL) untuk menurunkan kolesterol jahat (HDL). Hal ini akan berpengaruh terhadap peningkatan kesehatan jantung secara keseluruhan. Kandungan asam lemak omega-3 yang mengandung sifat anti-inflamasi, akan mengurangi risiko penyakit jantung dan mengurangi menurunkan kadar trigliserida.  

6. Meningkatkan kesehatan sendi

Tulang sumsum diperkaya dengan kandungan kolagen dan protein yang mampu meningkatkan kesehatan sendi secara signifikan. Kolagen berperan untuk membantu membangun dan memperbaiki jaringan sendi.

Konsumsi tulang sumsum tulang secara teratur sangat bermanfaat bagi para penderita penyakit sendi untuk menjaga fleksibilitas dan memudahkan pergerakan dalam beraktivitas. 

7. Membantu proses pencernaan

Tulang sumsum memiliki struktur yang mirip seperti agar-agar. Struktur tersebut terbentuk dari asam amino yang mampu membantu menyehatkan pencernaan, khususnya dalam penyerapan nutrisi.

Kandungan kolagen yang terdapat dalam tulang sumsum berperan penting untuk menjaga kesehatan usus secara signifikan. 

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tulang sumsum dipenuhi dengan sel panca, yang memiliki kesamaan terhadap sel panca manusia. Sel induk yang terdapat di dalamnya akan digunakan untuk menghasilkan sel darah putih dan sel darah. Kondisi ini yang membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan aktivitas antioksidan pada manusia. 

Kandungan vitamin B12 dalam tulang sumsum mampu memperbaiki gejala kelesuan dalam tubuh. Hal ini juga diperkaya dengan sumber aki gliserol yang pentig terhadap pegembangan jaringan adiposa untuk membantu melawan penyakit di dalam tubuh. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro