Gejala depresi pada orang dewasa./RTVe
Health

Tips Merawat Diri Untuk Pulihkan Kesehatan Mental

Novita Sari Simamora
Kamis, 27 Juni 2024 - 09:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Melakukan perawatan diri berarti meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang guna membantu Anda hidup dengan baik dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda.

Saat Anda merawat diri, maka bisa membantu Anda mengelola stres, menurunkan risiko penyakit, dan meningkatkan energi. Dilansir dari nimh, Kamis (27/6/2024), tindakan perawatan diri kecil dalam kehidupan sehari-hari bisa berdampak besar.

Berikut beberapa tips perawatan diri dan memulihkan kesehatan mental

1. Berolahragalah secara teratur

Berjalan kaki 30 menit setiap hari saja dapat meningkatkan mood dan meningkatkan kesehatan Anda. Olahraga dalam jumlah kecil akan bertambah, jadi jangan berkecil hati jika Anda tidak dapat melakukannya 30 menit sekaligus.

2. Makanlah makanan yang sehat dan teratur dan tetap terhidrasi

Pola makan seimbang dan banyak air dapat meningkatkan energi dan fokus Anda sepanjang hari. Perhatikan asupan kafein dan alkohol serta pengaruhnya terhadap suasana hati dan kesejahteraan Anda—bagi sebagian orang, mengurangi konsumsi kafein dan alkohol dapat membantu.

3. Jadikan tidur sebagai prioritas

Patuhi jadwal yang telah Anda buat dan pastikan Anda cukup tidur. Cahaya biru dari perangkat dan layar dapat membuat Anda lebih sulit tertidur, jadi kurangi paparan cahaya biru dari ponsel atau komputer Anda sebelum waktu tidur.

4. Cobalah aktivitas santai

Jelajahi program atau aplikasi relaksasi atau kesehatan, yang mungkin mencakup meditasi, relaksasi otot, atau latihan pernapasan. Jadwalkan waktu yang teratur untuk aktivitas ini dan aktivitas sehat lainnya yang Anda sukai, seperti mendengarkan musik, membaca, menghabiskan waktu di alam terbuka, dan melakukan hobi yang tidak menimbulkan stres.

5. Tetapkan tujuan dan prioritas

Putuskan apa yang harus diselesaikan sekarang dan apa yang bisa ditunda besok. Belajarlah untuk mengatakan "tidak" pada tugas baru jika Anda mulai merasa terlalu banyak melakukan tugas. Cobalah untuk menghargai apa yang telah Anda capai di penghujung hari.

Praktekkan rasa syukur. Ingatkan diri Anda setiap hari tentang hal-hal yang Anda syukuri. Bersikaplah spesifik. Tuliskan atau putar ulang dalam pikiran Anda.

6. Fokuslah pada hal positif.

Identifikasi dan tantang pikiran negatif. Selain itu, Anda bisa tetap terhubung dengan orang-orang yang selalu memberikan support. Hubungi teman atau anggota keluarga yang dapat memberikan dukungan emosional dan bantuan praktis.

Perawatan diri terlihat berbeda untuk setiap orang, dan penting untuk menemukan apa yang Anda butuhkan dan nikmati. Mungkin diperlukan trial and error untuk menemukan mana yang terbaik bagi Anda.

Kapan Anda harus mencari bantuan profesional untuk kesehatan mental?

Seseorang bisa saja memerlukan bantuan profesional jika Anda mengalami gejala parah yang berlangsung hingga 2 minggu. Jika gejala tersebut sampai menggangu aktivitas sehari-harimu, maka pergilah ke tenaga profesional untuk memulihkan kesehatan mental. Lebih cepat, tentunya akan lebih baik.

Simak gejala yang perlu Anda waspadai:

  1. Kesulitan tidur
  2. Perubahan nafsu makan atau perubahan berat badan yang tidak direncanakan
  3. Kesulitan bangun dari tempat tidur di pagi hari karena mood
  4. Kesulitan berkonsentrasi
  5. Hilangnya minat pada hal-hal yang biasanya Anda anggap menyenangkan
  6. Ketidakmampuan untuk menyelesaikan tugas dan aktivitas biasa
  7. Perasaan mudah tersinggung, frustrasi, atau gelisah

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro