Tips mengatasi kesehatan mental/News Medical
Health

Tips Kesehatan Mental, Ini Cara Mengatasi PTSD

Redaksi
Kamis, 27 Juni 2024 - 12:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gangguan mental Post-traumatic Stress Disorder (PTSD) bisa ditangani dengan beberapa terapi. Simak beberapa tips untuk mengatasi gangguan mental tersebut.

Dilansir dari National Today, Kamis (27/6/2024), PTSD adalah gangguan mental yang menimbulkan perasaan cemas dan takut berlebihan saat teringat peristiwa traumatis tersebut. Kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan, agar tidak terjadi komplikasi serius.

Simak cara mengobati PTSD

1. Berlatih Meditasi Perhatian dan Yoga

Penelitian menunjukkan, latihan meditasi mindfulness dan yoga secara rutin dapat membantu mengurangi gejala kecemasan, depresi, dan kegelisahan terkait PTSD secara signifikan.

Meditasi mindful dilakukan dengan melibatkan perhatian pada pernapasan dalam dan kesadaran tubuh serta pikiran. Melalui meditasi teratur dan latihan yoga yang matang, penderita dapat belajar mengendalikan pikiran negatif sebelum pikiran itu menguasai emosinya. 

2. Terapi PTSD

Orang dengan PTSD dapat melakukan pengobatan untuk mengatasi trauma yang dialami melalui beberapa terapi seperti CBT, EMDR, DBT, CPT, dan exposure.

• Terapi perilaku kognitif (CBT) 

Terapi perilaku kognitif (CBT) adalah teknik terapi bicara. Tujuannya untuk membantu penderita mengenali dan mengubah pola pikir negatif yang dapat mempengaruhi emosinya. 

• Terapi paparan

Terapi paparan atau exposure therapy merupakan jenis terapi perilaku. Tujuannya untuk membantu penderita mengatasi rasa takut sehingga objek, aktivitas, atau situasi tidak menimbulkan kecemasan. 

• Desensitisasi dan pemrosesan ulang gerakan mata (EMDR)

Terapi EMDR (eye movement desensitization and reprocessing) yaitu terapi yang melibatkan gerakan mata dengan cara tertentu untuk memproses ingatan traumatis. Tujuannya agar para penderita bisa melawan trauma masa lalu.

• Terapi perilaku dialektis (DBT)

Terapi perilaku kognitif (DBT) adalah jenis terapi bicara yang sama seperti CBT. Tujuannya untuk membantu penderita memahami bagaimana pikiran mempengaruhi emosi dan perilaku.

• Terapi pemrosesan kognitif (CPT)

Terapi CPT berfokus pada bagaimana seseorang bereaksi atau mengatasi trauma disertai dengan melakukan percobaan untuk mendapatkan kembali kendali atas hidupnya.

3. Obat-obatan PTSD

Obat-obatan tertentu untuk PTSD dapat digunakan untuk membantu mencegah gejala. Beberapa jenis obat yang digunakan untuk PTSD meliputi:

• Prazosin, digunakan untuk mengurangi mimpi buruk yang seringkali dialami penderita PTSD

• Obat anti cemas, digunakan untuk meredakan kecemasan penderita akibat peristiwa traumatis

• Antidepresan, obat ini berfungsi untuk membantu meringankan gejala PTSD seperti depresi, sulit berkonsentrasi, dan kecemasan berlebih. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro