Lansia yang  kekurangan vitamin D dan kalsium akan mudah terkena osteoporosis./AgingCare
Health

Tips Sehat, Jaga Kesehatan Tulang dan Sendi agar Tidak Jompo

Novita Sari Simamora
Sabtu, 29 Juni 2024 - 18:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kalsium dan vitamin D adalah dua nutrisi terpenting untuk kesehatan tulang, agar tidak jompo pada usia 30an tahun hingga lansia.

Dilansir dari Wionews, Sabtu (29/6/2024), seiring bertambahnya usia, orang-orang yang kekurangan nutrisi dan kalsium memiliki risiko patah tulang. Sebab, terjadi ketidakseimbangan antara jumlah pembentukan tulang baru dan kerusakan tulang, sehingga menyebabkan penyakit yang disebut osteoporosis (tulang lemah dan keropos).

Suplemen kalsium dan vitamin D yang cukup bisa mencegah osteoporosis. Adapun sumber kalsium dari makanan meliputi susu, yoghurt, keju, sayuran berdaun hijau, dan makanan yang diperkaya seperti sereal.

Kalsium berguna untuk membentuk molekul yang disebut hidroksiapatit, yang memberikan kekuatan pada tulang. Selain itu, tulang bertindak sebagai reservoir kalsium dan menjaga tingkat kalsium dalam darah tetap stabil, yang diperlukan untuk berbagai fungsi lainnya.

Biasanya penyerapan nutrisi lansia akan berkurang, karena penyerapan kalsium dari makanan juga berkurang, dan ditambah dengan perubahan hormonal, hal ini menyebabkan melemahnya tulang. Secara umum, orang lanjut usia membutuhkan sekitar 1000–1200 mg kalsium dalam makanannya per hari. Suplemen seringkali diperlukan untuk memenuhi kebutuhan ini.

Umumnya suplemen dikonsumsi bersama makanan. Dokter Anda akan meresepkan suplemen dalam dosis yang memadai dan dapat mengganti jenis atau merek lain jika menimbulkan efek samping seperti gangguan lambung dan sembelit.

Vitamin D sebenarnya berfungsi sebagai menjaga keseimbagan hormon. Berbeda dengan kalsium, sejumlah vitamin D dapat diproduksi oleh tubuh manusia. Proses ini dimulai di kulit dan membutuhkan sinar matahari.

Orang lanjut usia membutuhkan antara 800 dan 1000 Unit Internasional (IU) vitamin D per hari. Salah satu fungsi terpenting vitamin D adalah meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan. Hal ini juga diperlukan untuk berfungsinya otot.

Sumber makanannya antara lain susu dan produk susu, susu kedelai, ikan, dan lain-lain. Seiring bertambahnya usia, sintesis vitamin D di dalam tubuh berkurang, mengakibatkan gangguan penyerapan kalsium dari makanan dan karenanya melemahnya tulang atau osteoporosis.

Vitamin D bisa dibeli di toko obat dan juga dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter. Dokter Anda dapat memandu Anda dalam membuat pilihan yang tepat.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro