Ayam kukus dan nasi hainam menjadi hidangan nikmat/Duwi
Kuliner

Wisata Kuliner, Nasi Ayam Khas Singapura Pilihan Pesohor

Duwi Setiya Ariyanti
Rabu, 3 Juli 2024 - 10:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nama menu Nasi Ayam atau Chicken Rice tak bisa dilewatkan dari jelajah rasa di Negeri Singa. Dari ramainya penjaja Nasi Ayam, salah satu di antaranya merupakan restoran berusia lebih dari 50 tahun yang menjadi pilihan pesohor.

Chatterbox, berada di jantung Jalan Orchard yang terkenal telah menawarkan menu ini sejak 1971. Restoran yang terletak di Hilton Singapore Orchard pun lantas membawa makanan yang bisa dihidangkan di Hawker’s Center atau kaki lima menjadi panganan hotel bintang lima.

Bisnis berkesempatan untuk menikmati menu autentik itu pada acara khusus media pada Jumat (26/6/2024). Dari sisi tampilan, Nasi Ayam tersaji dengan semangkuk Nasi Hainan, sup bening, dan potongan ayam berlumur lengkap dengan tiga pilihan saus dan garnish berupa potongan tomat dan timun.

Lampu temaram di restoran pun membuat efek kilau pada permukaan kulit ayam di setiap potongannya. Ternyata tampilan menggugah selera ini terkonfirmasi dengan lembutnya potongan daging ayam kampung.

Tak ada rasa dominan yang muncul selama menikmati potongan daging yang dikukus perlahan hingga empuk. Pastinya, tak ada serat-serat daging yang terasa dan semua terlumat dengan bumbu tipis yang tetap melekat sehingga mengunyahnya hingga habis tak menimbulkan rasa mual.

Cocolan saus berupa bawang putih, cabai, dan kecap pun menjadi pilihan yang bisa dicoba. Namun, rasa potongan ayamnya sendiri sudah lebih dari cukup sehingga saus ini hanya menjadi sampingan.

Belum lagi dengan nasinya. Dimasak dengan bulir melati dalam kaldu ayam, bawang putih, dan daun pandan, nasi ini menjadi pasangan pas bagi potongan ayam kampung yang dibesarkan selama 60 hari, 15 hari lebih lama dari ayam kampung pada umumnya. Daging ayam sebanyak 2 kg itu disajikan untuk empat orang sehingga cocok bila dimakan bersama keluarga atau kolega.

Tak heran bila pengalaman santap Nasi Ayam ini turut dirasakan oleh para pesohor. Mengalami renovasi pada 2022, Chatterbox menjadi pilihan sejumlah tokoh seperti Presiden Amerika Serikat era 1981—1989 Ronald Reagan, Perdana Menteri Singapura era 1959—1990 Lee Kuan Yew, hingga Yang di-Pertuan Agong Sultan Ibrahim ibni Almarhum Sultan Iskandar. Aktor seperti Jackie Chan turut mencicipi nikmatnya Nasi Ayam di Chatterbox dengan harga 25 dolar Singapura untuk porsi terkecil.

Selain Nasi Ayam, Bisnis mencicipi sejumlah menu andalan, seperti Grilled Satay, Mackerel & Crab Otah-Otah, Hotplate Oyster Omelette, BBQ Sambal Seafood Platter, Nyonya Assam Barramundi, Chili Prawns with Fried Mantou, Seafood Laksa, dan Chatterbox’s Coconut Shake.

roti Mantau dan Grilled Satay
roti Mantau dan Grilled Satay

Grilled Satay merupakan sate dengan sensasi bumbu menyerupai bumbu kari, lengkap dengan bumbu kacangnya, menciptakan sensasi rasa rempah, gurih, dan manis. Kemudian, Mackerel & Crab Otah-Otah adalah otak-otak yang dibuat dengan bumbu seperti sereh, bawang merah, dan santan yang dipanggang bersama daging mackerel dan kepiting.

Lalu, Hotplate Oyster Omelette merupakan telur dadar dengan daging kerang, saus pedas manis, dan sayuran di atasnya serta dihidangkan di atas hotplate. Pecinta panganan laut, bisa juga mencoba BBQ Sambal Seafood Platter yang berisi gurita, kerang, dan udang dengan cita rasa pedas berbumbu.

Ada pula Nyonya Assam Barramundi, seperti namanya, menu ini menghidangkan filet ikan Barramundi dengan saus asam-manis. Pilihan lainnya, yakni Chili Prawn with Fried Mantou yang memadukan udang dengan kuah kental yang pedas, manis, dan gurih untuk menemani mantou yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Menu autentik Singapura yang turut tersedia, yakni Seafood Laksa dengan kuah santan dan mi lembutnya. Sebagai penyegar, terdapat Chatterbox’s Coconut Shake, yakni paduan es krim dan air kelapa dengan tambahan jeli kelapa dan kacang merah yang sangat familiar di lidah. Seluruh menu itu bisa dinikmati mulai 17 dolar Singapura hingga 38 dolar Singapura per porsi.

 

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro