Phong Nha-Ke Bang National Park menjadi destinasi wisata Vietnam
Travel

Tiga Destinasi Wisata Wajib di Vietnam, Bisa jadi Tujuan Liburan

Mutiara Nabila
Kamis, 4 Juli 2024 - 11:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Berwisata ke luar negeri tidak harus mahal dan merogoh kocek dalam. Salah satu destinasi wisata luar negeri favorit orang Indonesia adalah ke Vietnam. 

Data Traveloka pada Maret 2024, menunjukan adanya lonjakan pembelian perjalanan dari Indonesia ke Vietnam, baik tiket pesawat, hotel, dan berbagai atraksi. 

Berdasarkan data tersebut, Singapura dan Jepang masih menjadi tujuan paling populer bagi wisatawan dari Indonesia. namun, Vietnam mulai naik menjadi pesaing yang kuat. 

Kenaikan permintaan kunjungan ke Vietnam terjadi setelah Sapa dan Danang viral di media sosial. Tak hanya ke Ho Chi Minh, Hanoi, Ha Long Bay, banyak "hidden gem" atau tempat indah dan tersembunyi yang bisa dieksplorasi di Vietnam. 

Namun, melansir VNExpress, berdasarkan data Tripadvisor ada pula beberapa tujuan wisata di Vietnam yang wajib dikunjungi dan paling banyak disukai oleh wisatawan dari berbagai negara. 

Kota lama Hoi An, War Remnants Museum dan Cu Chi Tunnels masuk dalam 25 atraksi dan tujuan wisata yang paling disukai turis, tak hanya di Vietnam, tapi juga di seluruh Asia. 

1. Kota Hoi An

Hoi An, yang berada di jajaran sungai Thu Bon, terkenal dengan rumah-rumah berwarna kuning cerah dan warisan tradisionalnya yang kaya. Kota ini berada di posisi ke-7 dalam daftar tersebut. 

Kota tersebut juga merupakan rumah dari sejumlah kuil kuno yang memiliki sentuhan arsitektur khas China, dan jembatan berusia 400 tahun yang dibangun oleh Jepang. 

Di sana juga tersedia wahana perahu yang indah, penyewaan sepeda, dan kereta untuk menikmati destinasi yang damai dan menawan ini. 

2. War Remnants Museum / Museum Sisa Perang 

Museum yang ada di Jalan Vo Van Tan di Distrik 3 Kota Ho Chi Minh berada di urutan ke-10 dalam daftar.

Didirikan pada 1975, museum ini jadi tempat yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang ingin mengetahui sejarah Vietnam. 

Museum ini memiliki lebih dari 20.000 artefak, gambar, dan dokumenter yang menyoroti kekejaman, termasuk kejahatan perang.

“Dengan pameran yang kuat dan tampilan yang informatif, Anda akan mendapatkan perspektif yang membuka mata mengenai dampak emosional peristiwa ini terhadap kehidupan yang tak terhitung jumlahnya,” tulis Tripadvisor.

3. Cu Chi Tunnel/ Terowongan Cu Chi

Terletak sekitar 60 kilometer barat laut pusat kota Ho Chi Minh City, Terowongan Cu Chi, jadi tempat yang wajib dikunjungi, memperlihatkan simbol perlawanan Vietnam selama Perang Vietnam. Tempat ini berada di peringkat ke-14.

Terowongan ini dibangun pada akhir 1940-an selama pendudukan Perancis di Vietnam dan mengalami pemboman intensif Amerika pada 1960-an.

Terowongan Cu Chi menawarkan petualangan yang unik, interaktif, dan mendidik, memberi Anda gambaran tentang makna sejarah perlawanan dan wawasan budaya orang Vietnam di masa perang.  

Sementara itu, di Indonesia hanya ada 2 tempat yang jadi favorit wisatawan menurut Tripadvisor. Keduanya juga terletak di Bali, yaitu Sacred Monkey Forest Sanctuary dan Museum PASIFIKA. 

Berikut ini daftar 25 tempat wisata terpopuler di Asia:

1. Gardens by the Bay (Singapura)

2. Angkor Wat (Kamboja)

3. Tembok Besar Mutianyu (China)

4. Taj Mahal (India)

5. Fushimi Inari-taisha Shrine (Jepang)

6. Royal Selangor Visitor Centre (Malaysia)

7. Hoi An Ancient Town (Vietnam)

8. Sacred Monkey Forest Sanctuary (Indonesia)

9. Wat Phra Chetuphon (Thailand)

10. War Remnants Museum (Vietnam)

11. Temple Of Dawn (Thailand)

12. Petronas Twin Towers (Malaysia)

13. Big Buddha Phuket (Thailand)

14. Cu Chi Tunnels (Vietnam)

15. Museum PASIFIKA (Indonesia)

16. Singapore Botanic Gardens (Singapura)

17. Cloud Forest (Singapura)

18. Kinkakuji Temple (Jepang)

19. Ta Prohm (Kamboja)

20. Bayon Temple (Kamboja)

21. Qutub Minar (India)

22. Tuol Sleng Genocide Museum (Kamboja)

23. MinNature Malaysia (Malaysia)

24. National Orchid Garden (Singapura)

25. The Grand Palace (Thailand)

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro