Petugas mengukur tinggi badan balita sebagai salah satu upaya kontrol dalam mencegah stunting atau tengkes di Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (31/1/2023). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Health

Manfaat Konsumsi Probiotik, Bakteri Baik yang Bisa Cegah Stunting!

Mutiara Nabila
Kamis, 1 Agustus 2024 - 08:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Stunting masih menjadi salah satu masalah besar di Indonesia, yang jika tidak segera diperbaiki, bisa mempengaruhi kualitas hidup anak dan masa depannya. 

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, prevalensi stunting nasional pada 2023 mencapai 21,5 persen, sudah turun sekitar 0,8 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Namun, data tersebut masih menunjukkan bahwa angka stunting di Indonesia masih jauh dari target penurunan sebesar 14 persen pada 2024. 

Dokter Spesialis Anak, dr. Kanya Ayu Paramastri mengatakan, salah satu cara untuk mencegah stunting adalah memastikan kesehatan saluran cernanya sejak lahir. 

Pasalnya, saluran cerna merupakan tempat penyerapan nutrisi, yang sangat berperan penting pada pertumbuhan dan perkembangan anak, menentukan masa depan anak. 

"Apabila saluran cerna sehat, penyerapan makronutrien dan mikronutrien yang optimal, dapat memastikan anak bertumbuh dengan kecerdasan kognitif yang maksimal,” ujar dr. Kanya, dikutip Rabu (31/7/2024).

Salah satu cara menjaga kesehatan saluran cerna ialah dengan pemenuhan probiotik yang termasuk bakteri baik dalam usus. Selain memberikan manfaat kesehatan pada lambung dan usus, probiotik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Konsumsi probiotik juga membantu perkembangan kesehatan otak si kecil. Dokter Kanya mengungkapkan, anak bahkan pertama kali mengenal dunia sekitar bukan dengan melihat, melainkan melalui saluran cerna. 

“Saat baru lahir, saluran cerna masih polos, sehingga harus terisi dengan kuman baik atau probiotik. Selain untuk merangsang pembentukan vitamin K, juga untuk berjaga dan bertahan terhadap serangan kuman jahat di lingkungan sekitar si bayi," paparnya.

Selanjutnya, memasuki fase oral pada bayi, yang jadi fase yang paling mendebarkan untuk orang tua karena anak sudah mulai makan makanan pendamping ASI, orang tua harus memastikan makanan yang masuk bersih sehat, sehingga tidak menyebabkan diare.

Pada fase ini, dr. Kanya mengatakan, tidak ada salahnya menggunakan suplemen probiotik, untuk memastikan imun tubuh dan kuman baik saluran cerna selalu dalam keadaan terbaik untuk berjaga-jaga melawan kuman jahat. 

Dengan pencernaan yang sehat, penyerapan nutrisi bisa menjadi lebih optimal sehingga membantu mendukung tumbuh kembang anak secara keseluruhan.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro