Peternak memberi pakan ayam potong di Kampung Sukarahayu, Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Bisnis/Rachman
Travel

Deretan Aturan Hukum Paling Aneh di Seluruh Dunia, Bisa Kena Denda

Redaksi
Minggu, 4 Agustus 2024 - 08:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dunia ini memiliki berbagai macam aturan hukum yang mengatur aktivitas dalam sebuah negara.

Setiap negara memiliki peraturan hukum yang berbeda-beda. Adanya konteks budaya yang unik, sering kali menghasilkan keragaman hukum yang mencolok.

Namun, pernahkah Anda menemukan berbagai peraturan yang tidak biasa atau malah cenderung aneh?

Dilansir dari The Lawyer Portal, berikut deretan peraturan hukum paling aneh di seluruh dunia:

1. Dilarang membiarkan ayam menyeberang jalan (Quitman, Georgia)

Undang-undang ini ditujukan agar para pemilik ayam selalu mengendalikan peliharaan unggas mereka. Pada Bagian II, Bab 8, undang-undang ini menyatakan bahwa setiap orang yang memiliki unggas peliharaan dilarang untuk membiarkannya berkeliaran bebas di jalan, gang, atau di tempat orang lain–tanpa izin dari orang tersebut.

Pemerintah Georgia ingin memastikan keamanan dari para ayam, karena ayam merupakan hewan yang sangat penting di sana–ayam goreng merupakan salah satu makanan yang biasa dimakan dengan tangan kosong.

2. Dilarang mengganti bola lampu kecuali Anda teknisi listrik berlisensi (Victoria, Australia)

Berdasarkan hukum yang berlaku di Victoria, Anda dilarang mengganti bola lampu tanpa lisensi yang sah. Hal ini bertujuan demi keselamatan Anda sendiri. Jika melanggarnya, Anda dapat dikenakan denda sebesar 10 dolar Australia.

Namun, Undang-Undang Keselamatan Listrik tahun 1998 merevisi peraturan tersebut–yang memperbolehkan Anda untuk mengganti bola lampu dan mencabut steker dari soket. Untuk pekerjaan listrik lainnya tetap tidak diperbolehkan untuk dilakukan sendiri.

3. Wajib tersenyum setiap saat, kecuali di pemakaman atau rumah sakit (Milan, Italia)

Kota Milan, Italia, mengharuskan Anda untuk tersenyum jika tidak ingin dikenakan denda. Peraturan ini sudah diterapkan dari zaman Austria-Hungaria dan tidak pernah dicabut. Pengecualian berlaku untuk orang yang sedang pergi ke pemakaman, pekerja rumah sakit, atau para penjenguk pasien yang sedang dirawat. Selain itu, tidak ada alasan untuk murung bagi kota ini.

4. Dilarang buang angin di tempat umum setelah pukul 6 sore pada hari Kamis (Florida, Amerika Serikat)

Di Florida, buang angin di tempat umum setelah pukul 6 sore pada hari Kamis merupakan tindakan yang ilegal. Hukum ini diperkirakan ditulis pada tahun 1800-an. Meskipun tidak jelas mengapa aturan ini dibuat, alasan logisnya adalah karena 'mengganggu masyarakat' merupakan tindakan yang dilarang. Mengganggu di sini bisa saja termasuk buang angin di tempat umum.

5. Dilarang memutar terlalu banyak artis non-Kanada di radio (Kanada)

Kanada membuat beberapa aturan pemrograman yang sangat terperinci. Salah satunya adalah mewajibkan stasiun radio untuk memutar artis Kanada selama 35 persen waktunya–dengan penekanan khusus pada hari kerja selama jam kerja. Hal ini juga didukung karena warga Kanada merupakan kelompok yang patriotik.

6. Dilarang mengajak anjing jalan-jalan kurang dari tiga kali sehari (Turin, Italia)

Italia menganggap dirinya sebagai negara penyayang binatang. Para pemilik anjing di Turin harus mengajak hewan peliharaan mereka jalan-jalan setidaknya tiga kali sehari.

Jika tidak, mereka akan didenda hingga 500 euro (Rp8,7 juta) berdasarkan undang-undang baru dari dewan kota. Untuk menegakkan hukum tersebut, Anda dapat melaporkan para pemilik anjing yang melanggar ke para polisi Turin.

7. Harus mengizinkan siapa pun menggunakan toilet Anda (Skotlandia)

Menurut hukum yang berlaku di Skotlandia, Anda tidak dapat menolak seseorang yang datang ke rumah Anda untuk izin menggunakan kamar mandi.

Peraturan ini berasal dari perluasan hukum umum Skotlandia lama tentang keramahtamahan. Meskipun tidak pernah diresmikan oleh Parlemen, secara teknis peraturan ini masih diberlakukan hingga saat ini. (Rafi Abid Wibisono)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro