Sekjen PBB Antonio Guterres menghadiri KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta Convention Center, Rabu (6/9/2023). Media Center KTT Asean 2023.
Travel

Fakta-fakta Unik Negara-negara ASEAN yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Redaksi
Kamis, 8 Agustus 2024 - 19:30
Bagikan

6. Indonesia, memiliki gereja berbentuk ayam

Di Magelang, Jawa Tengah, terdapat gereja berbentuk ayam. Tersembunyi di bukit Punthuk Setembu, dulunya rumah ibadah terbengkalai ini merupakan rahasia yang dijaga baik-baik. Kini, gereja ini telah menjadi destinasi wisata bagi banyak orang. Ribuan orang berbondong-bondong datang setelah bangunan ini ditampilkan dalam film “Ada Apa Dengan Cinta? 2.”

7. Myanmar, memiliki gua dengan pemandangan yang menakjubkan

Salah satu gua terbesar di Myanmar, Gua Saddan, memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Dipenuhi dengan beberapa patung Buddha, pintu keluar gua tersebut mengarah langsung ke sebuah danau dengan pemandangan lanskap yang sangat indah.

8. Laos, memiliki salah satu monumen Buddha terbaik di dunia

Stupa That Luang merupakan simbol dari negara Laos. Stupa ini dibangun pada abad ketiga, bersamaan dengan berdirinya Kota Vientiane. Bangunan ini berfungsi untuk menyimpan tulang-tulang Sang Buddha. Pada tahun 1560, Raja Saysetthathirath memerintahkan bangunan tersebut untuk direnovasi, karena ibu kota Laos dipindahkan dari Luang Prabang ke Vientiane.

9. Filipina, memiliki pulau di tengah danau yang berada di pulau di tengah danau

Meskipun sulit dimengerti, faktanya Filipina benar-benar memilikinya. Di sana, terdapat sebuah pulau kecil bernama Vulcan Point yang berada di tengah-tengah Danau Main Crater. Danau Main Crater sendiri merupakan sebuah danau yang ada di tengah-tengah Pulau Volcano. Tak berhenti sampai di situ saja, Pulau Volcano merupakan sebuah pulau yang berada di tengah-tengah Danau Taal. Terakhir, Danau Taal berada di sebuah pulau besar bernama Pulau Luzon.

Keunikan tersebut dapat terjadi lantaran Danau Taal merupakan danau vulkanik yang terbentuk setelah letusan gunung berapi. Gunung berapi yang menampung semua ini, Gunung Berapi Taal, adalah gunung berapi teraktif kedua di Filipina.

10. Brunei, memiliki istana yang sangat luas

Brunei memiliki istana hunian terbesar di dunia. Bangunan yang juga menjadi pusat pemerintahan Brunei ini memiliki 1.788 kamar dengan luas sekitar 120 hektar. Istana yang bernama Istana Nurul Iman ini juga memiliki sebuah masjid yang dapat menampung 1.500 orang. (Rafi Abid Wibisono)

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro