Manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh
Health

Kesepian Bisa Sebabkan Mimpi Buruk, Begini Kata Ahli

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 11 Agustus 2024 - 12:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sulit tidur atau insomnia bisa menjadi masalah berat yang sulit disembuhkan oleh seseorang. Sama mengerikannya jika Anda sering mimpi buruk.

Kini, para ilmuwan telah menunjukkan faktor mengejutkan lain yang dapat mengganggu istirahat Anda dan membuat Anda mimpi buruk. Uniknya, ini tidak terkait dengan waktu Anda mulai tidur. Anehnya, hal itu tampaknya berujung pada kesepian.

Para peneliti di beberapa universitas di AS memperingatkan bahwa orang yang kesepian tidak hanya lebih mungkin mengalami mimpi buruk, namun bahkan mungkin memiliki peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, dan kematian dini.

Banyak dari temuan ini disorot dalam sebuah studi baru yang menyoroti implikasi kesehatan dari ikatan sosial yang buruk. “Hubungan interpersonal merupakan kebutuhan inti manusia,” kata Dokter Colin Hesse dari Oregon State University dilansir dari express.

“Ketika kebutuhan seseorang akan hubungan yang kuat tidak terpenuhi, mereka akan menderita secara fisik, mental, dan sosial. Sama seperti rasa lapar atau kelelahan yang berarti Anda tidak mendapatkan cukup kalori atau tidur, kesepian telah berevolusi untuk mengingatkan individu ketika kebutuhan mereka akan hubungan antarpribadi tidak terpenuhi. "

Selama penelitian, subjek awalnya diminta untuk mengukur perasaan terisolasi mereka dengan menjawab pertanyaan seperti 'seberapa sering Anda merasa kekurangan teman?', dan 'seberapa sering Anda merasa tersisih?'.

Selanjutnya, tim mengevaluasi laporan kejadian mimpi buruk menggunakan skala lima poin. Analisis statistik telah mengungkapkan 'hubungan signifikan' antara frekuensi mimpi buruk dan hubungannya dengan kesepian dan stres.

Hesse melanjutkan masih terlalu dini untuk membicarakan intervensi spesifik secara konkrit.

“Tetapi temuan kami tentu saja konsisten dengan kemungkinan bahwa mengobati kesepian akan membantu mengurangi pengalaman mimpi buruk seseorang. Kemungkinan ini dapat diatasi melalui studi klinis yang terkontrol.”

Hesse dan timnya bukan satu-satunya ahli yang memperhatikan kaitan ini. Rosey Davidson, konsultan tidur di Just Chill Baby Sleep, juga menggambarkan dampak buruk dari kesepian, dan menggambarkannya sebagai 'situasi ayam dan telur'.

"Ketika kita kesepian, kita cenderung berpikir berlebihan, khawatir, dan merasa lebih cemas, yang dapat membuat kita lebih sulit untuk tertidur dan tidur nyenyak. Kondisi mental kita dapat memengaruhi pola tidur kita. , menyebabkan malam-malam gelisah dan lebih banyak mimpi buruk.

Ditambah lagi, ketika kita tidak memiliki seseorang untuk diajak bicara tentang ketakutan atau impian kita, hal ini dapat membuat kita merasa lebih buruk lagi—manusia pada dasarnya mendambakan koneksi dan berbagi dengan orang lain.

Tidur yang buruk dapat memperburuk perasaan kesepian, karena sering kali menyebabkan peningkatan sifat mudah tersinggung, berkurangnya ketahanan emosional, dan penarikan diri dari pergaulan.

Meskipun ini mungkin menantang, Rosey mendesak masyarakat untuk memutus siklus ini dan mencari hubungan sosial untuk meningkatkan kualitas tidur dan kesejahteraan.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro